5 Cara Menghapus Data Pribadi dari HP yang Ingin Dijual atau – IDN Times Jawa Tengah

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Jika kamu memiliki HP yang sudah tidak terpakai lagi, mungkin kamu berpikir untuk menjualnya atau memberikannya kepada orang lain.
Namun, sebelum kamu melakukannya, ada hal penting yang harus kamu perhatikan: data pribadi yang tersimpan di dalamnya.
Data pribadi seperti foto, video, kontak, pesan, email, dan lain-lain bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab jika kamu tidak menghapusnya dengan benar.
Oleh karena itu, kamu perlu melakukan beberapa langkah untuk menghapus data pribadi dari HP yang ingin kamu jual atau berikan. Berikut adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan:
Sebelum kamu menghapus data pribadi dari HP, pastikan kamu sudah mencadangkan data yang penting ke tempat lain, seperti komputer, hard disk, flash disk, atau cloud storage.
Data yang penting bisa berupa foto, video, dokumen, atau file lain yang kamu butuhkan. Cara mencadangkan data bisa berbeda-beda tergantung jenis dan merek HP yang kamu gunakan.
Kamu bisa mengikuti panduan yang tersedia di situs resmi produsen HP atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh dari Google Play Store atau App Store.
Setelah kamu mencadangkan data yang penting, kamu bisa memeriksa kembali apakah data tersebut sudah tersimpan dengan baik di tempat cadangan. Jika sudah selesai, lanjutkan ke langkah selanjutnya.
Kartu SIM dan kartu memori adalah dua komponen yang biasanya menyimpan data pribadi di HP. Kartu SIM berisi nomor telepon, kontak, pesan, dan data lain yang terkait dengan layanan seluler.
Kartu memori berisi foto, video, musik, dan file lain yang kamu simpan di HP. Jika kamu tidak ingin data pribadi di kartu SIM dan kartu memori ikut terjual atau diberikan, kamu harus mengeluarkannya dari HP terlebih dahulu.
Cara mengeluarkan kartu SIM dan kartu memori bisa berbeda-beda tergantung jenis dan model HP yang kamu gunakan. Kamu bisa mengikuti panduan yang tersedia di buku manual atau situs resmi produsen HP.
Setelah kamu mengeluarkan kartu SIM dan kartu memori, kamu bisa menyimpannya di tempat yang aman atau memindahkannya ke HP baru yang kamu gunakan.
Jika kamu tidak membutuhkan kartu SIM dan kartu memori lagi, kamu bisa memusnahkannya dengan cara memotong, membakar, atau menghancurkannya.
Selain data yang tersimpan di kartu SIM dan kartu memori, data pribadi juga bisa tersimpan di akun dan aplikasi yang kamu gunakan di HP. Akun dan aplikasi bisa berupa akun Google, akun sosial media, akun email, akun perbankan, akun e-commerce, dan lain-lain.
Jika kamu tidak ingin data pribadi di akun dan aplikasi ikut terjual atau diberikan, kamu harus menghapusnya dari HP terlebih dahulu.
Cara menghapus akun dan aplikasi bisa berbeda-beda tergantung jenis dan merek HP yang kamu gunakan. Kamu bisa mengikuti panduan yang tersedia di situs resmi produsen HP atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh dari Google Play Store atau App Store.
Setelah kamu menghapus akun dan aplikasi, kamu bisa memeriksa kembali apakah akun dan aplikasi tersebut sudah tidak terlihat lagi di HP. Jika sudah terhapus, lanjutkan ke langkah selanjutnya.
Langkah terakhir yang harus kamu lakukan untuk menghapus data pribadi dari HP adalah mengembalikan HP ke pengaturan pabrik.
Pengaturan pabrik adalah kondisi awal HP saat kamu pertama kali membelinya. Dengan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, semua data yang tersimpan di dalamnya akan terhapus secara permanen.
Cara mengembalikan HP ke pengaturan pabrik bisa berbeda-beda tergantung jenis dan merek HP yang kamu gunakan.
Kamu bisa mengikuti panduan yang tersedia di situs resmi produsen HP atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh dari Google Play Store atau App Store.
Setelah kamu mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, kamu bisa memeriksa kembali apakah HP sudah bersih dari data pribadi. Jika sudah, kamu bisa menjual atau memberikan HP dengan aman.
Jika kamu ingin lebih yakin bahwa data pribadi di HP sudah terhapus secara permanen, kamu bisa menggunakan perangkat lunak penghapus data.
Perangkat lunak penghapus data adalah aplikasi yang bisa menghapus data dengan cara menimpanya dengan data acak atau kosong.
Dengan begitu, data yang terhapus tidak bisa dipulihkan lagi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ada banyak perangkat lunak penghapus data yang bisa kamu gunakan, seperti Eraser, CCleaner, ShredIt, dan lain-lain. Kamu bisa mengunduh perangkat lunak penghapus data dari Google Play Store atau App Store.
Setelah kamu menggunakan perangkat lunak penghapus data, kamu bisa memeriksa kembali apakah HP sudah bersih dari data pribadi. Jika sudah, kamu bisa menjual atau memberikan HP dengan aman.
Baca Juga: 2 Cara Hapus Data HP dari Jarak Jauh Saat Hilang, Efektif!
Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya
IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.













source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *