Kronologi Sutradara Drakor Anna Tuntut Coupang Play – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Anna menjadi drama yang membuat nama Suzy sebagai aktris kembali mendapat pujian. Hal itu tak terlepas dari aktingnya yang sangat mengesankan dalam drama yang ditayangkan oleh platform Coupang Play tersebut.
Sukses besar, drama Anna mendapat sorotan akhir-akhir ini karena kontroversi antara sutradara dan pihak Coupang Play. Sutradara menuntun Coupang Play yang dianggap telah “merusak” jalan cerita Anna yang digarapnya. Berikut kronologi lengkap kontroversi tersebut.
Lewat pengacaranya, Lee Joo Young menyampaikan jika drama Anna harusnya dirilis dengan 8 episode. Durasi penayangan per episodenya juga antara 45-61 menit. Namun, hal itu tidak diindahkan oleh Coupang Play.
Coupang Play yang menjadi pihak penayang dramanya pun melakukan perubahan dari total 8 episode menjadi 6 episode. Tak sampai situ saja. Alur, penyuntingan, hingga narasi yang ada dalam drama juga turut “dirusak” oleh Coupang Play.
Lee Joo Young yang mengetahui perubahan tersebut pun merasa tidak senang. Sebab, apa yang dilakukan Coupang Play telah merusak cerita yang telah ditulis dan diarahkan oleh Lee Joo Young.
Tak terima drama garapannya dirusak oleh Coupang Play, Lee Joo Young pun meminta penghapusan namanya dalam credit title sebagai sutradara dan penulis skenarionya. Namun, hal itu juga diabaikan oleh Coupang Play.
Sebab hal itu juga, Lee Joo Young lewat pengacaranya meminta Coupang Play untuk meminta maaf dan mengambil tindakan korektif. Jika hal itu tak dipenuhi, jalur hukum akan ditempuh oleh Lee Joo Young.
Baca Juga: 9 Fakta Karakter Jung Eun Chae, Jadi Anna Lee Asli di KDrama Anna
Dilansir Koreaboo, pada 3 Agustus 2022 lalu Kim Jung Hoon, editing director atau editor drama Anna pun memberikan pernyataan senada dengan Lee Joo Young. Ia mengatakan, jika Anna yang ia tonton bukanlah drama yang dikerjakan olehnya dan sutradara Lee Joo Young. 
Kim Jung Hoon lewat media sosialnya juga mendukung argumen yang dilontarkan oleh Lee Joo Young. Sebab, versi drama yang ia dan Lee Joo Young kerjakan tanpa tidur itu dirusak oleh Coupang Play. Kim Jung Hoon juga tergerak untuk meminta penghapusan namanya dari credit title.
Menanggapi kontroversi yang terjadi, Coupang Play pun merilis pernyataan resminya lewat outlet media lokal OSEN. Dalam pernyataannya, Coupang Play pun mengakui jika penyuntingan versi mereka tidak seperti apa yang disetujui di awal bersama dengan sutradara dan perusahaan produksi.
Coupang Play juga menjelaskan kronologi berdasarkan sudut pandangnya. Menurut mereka, beberapa bulan terakhir juga Coupang Play sudah meminta sutradara untuk melakukan sejumlah perubahan. Namun, hal itu ditolak oleh sutradara. Alhasil, pihak Coupang Play pun meminta izin dari perusahaan produksi.
Setelah disetujui, Coupang Play mengatakan jika mereka menggunakan haknya seperti yang tercantum dalam kontrak. Mereka pun melakukan perubahan atau penyuntingan seperti cerita awal yang sudah disepakati. Hal itu pun membuahkan hasil yang baik, di mana drama Anna mendapat pujian dari sukses.
Bersamaan dengan itu, Coupang Play mengatakan jika mereka akan menayangkan 8 episode Anna versi yang dimaksud oleh sutradara. Mereka akan menayangkannya pada bulan Agustus ini dan akan dirilis setelah Coupang Play menerima rating versi 6 episode dari Korea Media Rating Board.
Hal tersebut dilakukan Coupang Play demi menghormati visi kreatif dari sutradara. Di mana dalam hal ini Lee Joo Young juga bertindak sebagai penulis skenarionya.
Jauh sebelum kontroversi mencuat, pada 8 Juli 2022 lalu pihak Coupang Play dilaporkan tengah menyiapkan penayangan extended version drama Anna, seperti diberitakan SPOTV News. Di hari yang sama, pihak Coupang Play pun mengonfirmasi hal itu.
Menurut Coupang Play, versi extended version ini akan menjadi hadiah bagi para penggemar drama Anna. Tentu saja hal itu juga didasari dari kesuksesan besar yang didapat dari penayangan drama tersebut.
Kesuksesan drama Anna tak luput juga dari kontroversi produksinya. Meski begitu, Coupang Play yang mengakui ada kesalahan dari pihaknya pun akhirnya akan merilis versi 8 episode gubahan Lee Joo Young selaku sutradara dan penulis skenarionya. Siap menantikan penayangan versi 8 episode pada bulan Agustus ini?
Baca Juga: 9 Potret Imut Choi So Yool, Pemeran Lee Yoo Mi Cilik di KDrama Anna


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *