Kelurahan Bonggoeya Tata Wilayahnya Menggunakan Kajian Kelurahan Partisipatif – Kendarikota.go.id – Kendarikota.go.id

Kendari, kendarikota.go.id – Kelurahan Bonggoeya mulai melakukan penataan wilayah menggunakan peta berbasis Sistem Informasi Geografi atau Geographic Information System (GIS), bank data dan kajian desa/kelurahan secara partisipatif atau Participatory Rural Appraisal (PRA).
Lurah Bonggoeya Waode Pratiwi,S.STP mengatakan, pengembangan penataan wilayah melalui peta berbasis GIS berfungsi untuk melihat luas wilayah masing-masing RT/RW, sehingga konflik batas wilayah antara RT/RW tidak terjadi tumpang tindih.
“Peta wilayah Kelurahan Bonggoeya sudah kami buat untuk menjadi acuan pada pemerintah kelurahan, khususnya di tingkat RT/RW, agar dapat meminimalisir terjadinya konflik,” tutur Pratiwi, Kamis (16/11/2023).
Sementara untuk penataan kelembagaan, mantan kepala UPTD KB kecamatan Puuwatu ini menjelaskan, yang sangat penting dalam sebuah organisasi adalah bersinergi agar bisa dengan mudah melakukan pembangunan sosial dan kemasyarakatan.
“Setelah merampungkan penataan kelembagaan kelurahan, kita juga sudah menyusun bank data kependudukan di beberapa RT di Kelurahan Bonggoeya,” ujarnya.
Menurutnya, bank data kependudukan berfungsi sebagai pemetaan kependudukan yang meliputi jumlah penduduk, usia, agama, tingkat kesejahteraan, dan lain sebagainya, sehingga tercipta tertib administrasi kependudukan di Kelurahan Bonggoeya.
“Bank data kependudukan tujuannya, untuk lebih cepat mendeteksi dini seluruh potensi dan permasalahan yang ada di kelurahan dan kita juga mensinkronisasikan dengan data profil desa/ kelurahan,” jelasnya.
Lebih lanjut Pratiwi menambahkan, untuk kajian desa/kelurahan secara partisipatif atau Participatory Rural Appraisal (PRA) akan dilaksanakan pekan depan. Ini dilakukan sebagai langkah awal penyusunan musrembang kelurahan.
“PRA ini berfungsi untuk mengindentifikasi semua permasalahan di tingkat kelurahan, dengan menggunakan alat kaji PRA diantaranya, sejarah kelurahan, peta wilayah, transek kelurahan/ diagram venn, peta mobilitas, analisis mata pencaharian, bagan kecendrungan dan perubahan kalender musim,” pungkasnya. (AF/AY)
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *










Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari © 2021
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari © 2021
Login to your account below




Please enter your username or email address to reset your password.

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *