Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari Sosialisasi Program Kampung Iklim – Kendarikota.go.id

Kendari, kendarikota.go.id – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari melakukan sosialisasi pembentukan Kampung Iklim pada camat dan lurah di Kota Kendari. Acara ini berlangsung di ruang rapat Wali Kota Kendari, Selasa (28/11/2023).
Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala yang membuka acara mengatakan, banyak manfaat yang bisa dirasakan jika Kampung Iklim dibentuk di Kota Kendari, apalagi beberapa bulan terakhir sudah terasa dampak kekeringan atau Elnino di Kota Kendari.
Meskipun dampak Elnino yang terjadi masih bisa diatasi, namun Sekda sangat mendukung pembentukan Kampung Iklim. Sebab kampung iklim bisa meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkan, sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi nyata untuk memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim.
“Manfaat Proklim, meningkatnya ketahanan masyarakat dalam menghadapi variabilitas iklim dan dampak perubahan iklim, kemudian meningkatnya kualitas hidup dan sosial ekonomi masyarakat,” ungkapnya.
Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari Paminuddin menjelaskan, Sasaran Proklim yakni, menumbuhkan gerakan nasional adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui pelaksanaan kegiatan berbasis masyarakat yang bersifat aplikatif, adaptif dan berkelanjutan.
Selain itu, dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam melaksanakan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, termasuk menjaga nilainilai kearifan tradisional atau lokal yang dapat mendukung upaya penanganan perubahan iklim dan pengendalian kerusakan lingkungan secara umum.
“Jika dikelola dengan baik, proklim ini bisa salah satunya bisa memperpanjang usia TPA kita, karena salah satu kegiatan dalam proklim ialah pengelolaan sampah sehingga bernilai ekonomi,” ungkapnya.
Rencananya, DLHK Kota Kendari akan membentuk 4 kampung iklim di Kota Kendari yakni Kecamatan Puuwatu dan Kendari Barat, namun DLHK tetap meminta masuk camat dan lurah terkait potensi yang ada di wilayah mereka. Sebab ke depan Proklim menjadi salah satu penilaian adipura. (AL/AY).
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *










Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari © 2021
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari © 2021
Login to your account below




Please enter your username or email address to reset your password.

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *