Kemiskinan Ekstrem, Bupati Garut dan Camat Malah Pesiar Ke Hongkong – pelita jabar

Loading
GARUT, PelitaJabar – Ditengah kemiskinan ektrem mendera ribuan masyarakat Kabupaten Garut, Bupati Garut dan para camat malah ramai-ramai liburan ke Hongkong.
Dalam satu bulan terakhir ini jelang berakhir masa jabatan, Bupati Rudy Gunawan malah jor joran melakukan perjalan dinas ke luar negeri bersama para pejabat daerah dilingkungan Pemkab Garut.
Kendati, instruksi Presiden RI, Joko Widodo telah mengisyaratkan kepada kepala daerah atau pejabat untuk tidak bepergian ke luar negeri, himbauan Mendagri termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menemukan adanya indikasi anggaran Kabupaten Garut Khsususnya perjalanan dinas ke luar negeri.
Pernyataan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK RI, Pahala Nainggolan terkait anggaran penangan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Garut justru tak digubris oleh Bupatj Garut, Rudy Gunawan.
Malah saat jni, Bupati Garut Rudy Gunawan bersama.42 Camat ramai ramai pelesiran ke Hongkong selama tiga hari sejak Rabu (15/11/2023) hingga Jumat (17/11/2023).
Keterangan yang berhasil dihimpun PJ, 42 pejabat Camat ramai ramai pelesiran ke Hongkong meninggalkan tugas dan pelayanan pada hari dan jam efektif kerja karena tengah cuti tanpa tanggungan negara.
Dari informasi yang diterima, mereka diketahui berangkat dari bandara Soekarno Hatta cengkareng pada Selasa malam. Dengan agenda acara mengisi liburan cuti selama tiga hari mengunjungi tempat wisata selama berada di Hongkong.
“Memang benar kami bersama para camat lain berangkat ke Hongkong dalam acara hiburan main kunjungi tempat wisata yang ada, tidak ada agenda study banding atau apapun,” ujar salah satu camat yang enggan disebut namanya melalui sambungan telepon selulernya, Selasa 14 Nopember 2023.
Menanggapi hal itu, Ketua Forum Camat, Ahmad Mawardi yang juga Camat Tarogong Kidul, menungkapkan, ijin cuti sudah ditandatangani oleh Bupati Garut beberapa waktu lalu, keberangkatan bersama Camat lainnya cuti diluar tanggungan negara.
“Sebetulnya, sudah lama direncanakan karena selama satu tahun ini belum menggunakan Cuti tahunan, makanya dari hasil obrolan dengan Bupati di putuskan untuk dilaksanakan cuti serempak meski dihari kerja tanpa tanggungan negara dengan biaya dibebankan masing masing camat,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa 14 Nopember 2023.
Disinggung apa tidak ada rasa empati ditengah kemiskinan ekstrem melanda diwilayah Garut tetap “keukeuh’ berangkat ke luar negeri, Ahmad Mawardi menyatakan pihaknya pasti punya empati.
“Apakah salah, kami sebagai ASN mengambil cuti dan berangkat ke Hongkong tanpa tanggungan negara atas biayai pun itu dari kocek pribadi masing masing? tanya dia.
Bahkan, lanjutnya kemiskinan ekstrem saat ini atau tidak toh masyarakat miskin masih tetap ada di Kabupaten Garut.
“Jadi, apakah salah juga kami bersama rekan lain menikmati cuti diluar tanggungan negara ke Hongkong juga hanya untuk hiburan, main dan kunjungi tempat wisata disana, tidak ada agenda study banding atau apapun, yang ada hanyalah main di Hongkong, ijin Cutinya juga sudah ditandatangani dan Bupati juga ikut,” pungkasnya.
Sebelumnya, Bupati Garut Rudy Gunawan melakukan perjalan dinas ke luar negeri bersama pejabat lainnya ke Milan Itali, Jepang, Jerman.
Bahkan, dua pekan lalu juga ke negara gajah putih, Bangkok Thailand bersama 68 Kepala Puskesmas dan tenaga kesehatan lainnya.
Mereka diketahui melakukan perjalanan dinas dalam rangka study banding ke rumah sakit yang ada di Thailand. Jang
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *






Pelita Jabar © 2023, Desain Templat MFC.TeaM.
Pelita Jabar © 2023, Desain Templat MFC.TeaM.

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *