AirAsia akan Kembali Buka Rute Lombok – Perth Australia – IDN Times Nusa Tenggara Barat

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Mataram, IDN Times – Maskapai penerbangan AirAsia akan kembali melayani direct flight internasional Lombok – Perth, Australia. Maskapai penerbangan berbiaya rendah ini telah mendapatkan slot time untuk melayani rute Lombok – Perth PP.
“Rute Lombok – Perth, kita menunggu waktu. Sudah ada slot timenya. Sekarang tinggal maintenance pesawat belum selesai di AirAsia. Tinggal itu saja,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal dikonfirmasi di Mataram, Senin (17/10/2022).
Faozal menjelaskan ada tiga penerbangan internasional yang ditargetkan beroperasi atau melayani penerbangan ke Bandara Internasional Lombok tahun 2022. Di mana, dua penerbangan internasional sudah terealisasi yaitu rute Lombok – Kuala Lumpur yang dilayani AirAsia sejak beberapa bulan lalu.
Kemudian Scoot yang melayani Lombok – Singapura mulai 16 Oktober 2022. Saat ini, Scoot baru melayani penerbangan Lombok – Singapura dua kali dalam seminggu yaitu hari Minggu dan Rabu. Faozal mengungkapkan, Scoot telah mendapatkan 4 slot time ke Lombok. Tetapi akan direalisasikan secara bertahap melihat perkembangan jumlah penumpang.
Baca Juga: Terbang Perdana ke Lombok, Scoot Angkut 90 Persen Wisman
Selain itu, kata Mantan Kepala Dinas Pariwisata NTB ini, beberapa rute penerbangan domestik juga akan dibuka ke Lombok. Seperti rute Lombok – Yogyakarta dan Lombok – Makassar.
Untuk rute Lombok – Yogyakarta akan mulai dibuka pada 28 Oktober mendatang. Penerbangan ini akan dilayani maskapai Super Air Jet. Kemudian untuk rute Lombok – Makassar kemungkinan akan mulai dibuka pada 29 atau 30 Oktober 2022.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi mengatakan pembukaan rute Lombok – Yogyakarta akan menghubungkan dua destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia yaitu, Borobudur dan Mandalika.
“Jogja merupakan salah satu destinasi super prioritas di Indonesia. Dan banyak juga penerbangan internasional ke Jogja. Sehingga pembukaan direct flight Jogja – Lombok PP tentunya akan berdampak positif terhadap kunjungan pelancong ke NTB,” kata Yusron.
Menurutnya, pembukaan rute Lombok – Yogyakarta akan lebih memudahkan masyarakat dan wisatawan berkunjung ke Lombok dan Sumbawa. Dengan pembukaan penerbangan langsung itu, wisatawan yang berkunjung ke Jogja, punya pilihan moda transportasi yang cepat untuk berkunjung ke Lombok.
Begitu juga dengan pembukaan direct flight Singapura – Lombok yang mulai dibuka 16 Oktober 2022. Pembukaan rute ini akan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Lombok. Karena Singapura merupakan salah satu hub penerbangan internasional.
Direct flight Singapura – Lombok dilayani Scoot, anak perusahaan Singapore Airlines, 2 kali dalam seminggu, yaitu hari Minggu dan Rabu. Untuk jadwal keberangkatannya, Scoot nomor penerbangan TR-258 berangkat dari Singapura (SIN) pukul 07.50 waktu setempat dan tiba di Lombok (LOP) pukul 10.20 WITA. Sedangkan Scoot nomor penerbangan TR-259 berangkat dari Lombok (LOP) pukul 11.20 WITA dan dijadwalkan tiba di Singapura (SIN) pukul 14.05 waktu setempat.
PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok mencatat pergerakan penumpang sebanyak 1,44 juta dan 15.166 pergerakan pesawat udara selama periode Januari hingga September 2022. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021, terdapat pertumbuhan sebesar 103 persen untuk pergerakan penumpang dan 74 persen untuk pergerakan pesawat udara.
Adapun catatan pada periode Januari hingga September 2021 lalu, Bandara Internasional Lombok melayani sebanyak 706 ribu pergerakan penumpang dan 8.711 pergerakan pesawat udara.
Pada bulan September 2022, Bandara Internasional Lombok mencatat melayani sebanyak 158.528 pergerakan penumpang dan 1.785 pergerakan pesawat udara. Jika dirata-rata, tercatat sekitar 5.300 pergerakan penumpang dalam sehari dan 60 pergerakan pesawat udara per hari yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok.
Selama tahun 2022, pergerakan penumpang maupun pesawat udara tertinggi di Bandara Lombok terjadi pada bulan Maret, saat digelarnya event MotoGP Mandalika 2022. Saat itu terdapat 199.591 pergerakan penumpang dan 2.116 pergerakan pesawat.
Baca Juga: Oknum Guru Ngaji di Mataram Cabuli 8 Anak SD 













source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *