Skema Unik Play-off Liga Champions Asia, Bali United vs PSM – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Jakarta, IDN Times – Indonesia akan menggunakan skema unik untuk menentukan wakil di play-off Liga Champions Asia 2023/24. Mereka akan menggunakan laga play-off lokal, mempertemukan Bali United lawan PSM Makassar.
Skema ini dibongkar Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus. Ada alasan tersendiri kenapa pada akhirnya, Indonesia mengadu juara Liga 1 2021 dan Liga 1 2022/23 untuk menentukan wakil di play-off Liga Champions Asia.
Penggunaan skema baru ini tak lepas dari adanya perubahan jadwal kompetisi antar klub Asia mulai musim 2022/23. Jika biasanya kompetisi digelar selama setahun kalender, kini kompetisi dihelat lintas tahun.
Hal ini meniru apa yang biasa dilakukan oleh Eropa via Liga Champions. Jadi, kompetisi akan dimulai pada pertengahan tahun, dan akan berakhir pada pertengahan tahun berikutnya.
Tidak cuma itu, penentuan play-off ini tak lepas dari slot Indonesia di kompetisi klub Asia yang tak terpakai dalam dua musim terakhir. Teranyar, pasca Liga 1 2021, slot tidak terpakai lantaran pendaftaran sudah terlewat.
Baca Juga: Mengenal Ulsan Hyundai, Juara Liga Champions Asia Musim Ini
Ferry berkata, sistem ini diterapkan agar tak ada klub yang merasa dirugikan. Apalagi, ternyata Indonesia punya jatah melimpah untuk kompetisi Asia musim depan, yakni tiga klub.
“Mengacu merit sistem, Indonesia dapat tiga jatah untuk wakil Indonesia di turnamen antarklub Asia musim depan. Satu di (play-off) Liga Champions dan dua (satu slot otomatis dan satu play-off) di AFC Cup 2023/24,” ujar Ferry kepada wartawan.
Nah, untuk pertemuan Bali United dan PSM yang merupakan penentu wakil Indonesia di play-off Liga Champions Asia ini, LIB berencana akan menggunakan format play-off satu leg. Laga juga tak akan dihelat di salah satu kandang tim peserta.
Untuk waktu sendiri, laga rencananya akan dihelat sebelum lebaran. Saat ini, LIB belum menentukan kapan dan di mana tepatnya laga Bali United lawan PSM ini akan dihelat.
“Lokasi belum ditentukan. Sebab, play-off ini kemungkinan besar dihelat di tempat netral. Namun, kami mau berembuk lebih dulu. Pertandingannya nanti single match, dan untuk jadwalnya yang pasti sebelum lebaran,” ungkap Ferry.
Play-off Liga Champions Asia akan dihelat pada 8 hingga 22 Agustus 2023. Di antara PSM Makassar dan Bali United ini, siapa yang kelak akan jadi wakil Indonesia?
Baca Juga: Rahasia PSM Juara BRI Liga 1, Munafri Sebut Bukan Hasil Instan


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *