Jum'at Berkah, Camat Kroya bersama Kepala DPMPTSP Kab. Indrmayu Bagikan Paket Sembako Cegah Stunting – Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar melalui kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Indramayu Ahmad Syadali bersama Camat Kroya A. Syafrudin melakukan Jum’at Berkah dengan memberikan bantuan sembako kepada balita penderita stunting di Desa Sukaslamet RT 14 RW 04, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu, Jumat (13/1/2023).
Jum’at Berkah yang diintruksikan Bupati Nina Agustina merupakan kegiatan peduli dengan sesama yang diadakan rutin oleh sejumlah perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu.
Camat Kroya A. Syafruddin menyampaikan, program Jum’at Berkah merupakan kegiatan pemberian santunan baik berupa makanan hingga paket sembako yang bersumber dari sebagian rezeki ASN yang disisihkan untuk masyarakat yang membutuhkan.
A. Syafruddin melanjutkan, program Jum’at Berkah ini dilaksanakan secara rutin di hari Jum’at. Kegiatan ini merupakan suatu upaya bagi perangkat daerah di lingkungan Kabupaten Indramayu guna membantu perekonomian warga seperti memberi bantuan sembako kepada balita penderita stunting.
“Kami memberi edukasi, menjelaskan kepada keluarga penderita stunting beserta masyarakat sekitar yang pada saat itu ikut hadir bahwa stunting merupakan masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya,” jelasnya.
Dirinya memaparkan, tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika dan tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan, di mana faktor genetika juga memiliki pengaruh kecil terhadap kondisi kesehatan seseorang dibandingkan dengan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan.
Pada kesempatan yang sama, Kepala DPMPTSP Kabupaten Indramayu Ahmad Syadali menyatakan, dengan Jum’at Berkah ini dapat sekaligus menyosialisasikan dan memberi edukasi terkait upaya menekan angka kasus stunting.
Menurutnya, kolaborasi bersama stakeholder terkait dengan pemberian asupan gizi dan edukasi pola hidup sehat dapat menekan angka stunting di wilayah Kecamatan Kroya.
“Diharapkan dengan adanya bantuan ini tepat sesuai penggunaannya dan bermanfaat untuk meningkatkan gizi balita. Dengan hal ini juga diharapkan dapat menurunkan angka stunting, menuju target Zero Stunting, sehingga dapat mewujudkan visi Bupati Nina Agustina, Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat),” pungkasnya. (Lkp/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)
Dinas Komunikasi dan Informatika
Jln. Letjend S. Parman No. 19, Margadadi
Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu
Jawa Barat 45211
Copyright © 2023 Website Resmi Pemerintah Kabupaten Indramayu
Powered by Website Resmi Pemerintah Kabupaten Indramayu

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *