Dinas P3A Gelar Rapat Koordinasi Penyajian Data Terpilah Gender dan Anak – Kendarikota.go.id

Kendari, kendarikota.go.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kendari, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penyediaan data terpilah gender dan anak tahun 2023. Rakor ini diselenggarakan di kantor Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Dan Anak Kota Kendari, Rabu (22/11/2023).
Rakor dibuka secara resmi oleh sekretaris DP3A Kota Kendari Jumiati. Dalam arahannya, mantan Kabag Hukum Kota Kendari ini menyampaikan bahwa, saat ini Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, sudah memiliki aplikasi untuk mengumpulkan data, sehingga akan mempermudah penyajian data pengelolaan profil gender dan anak untuk setiap instansi Pemerintah Kota Kendari.
“Sebelumnya saya mewakili ibu kadis yang tidak sempat hadir pada hari ini dan saya juga ingin memberikan informasi, bahwasanya kami di Dinas P3A belum lama ini meluncurkan aplikasi, sehingga akan mempermudah proses pengelolaan dan penyajian data gender dan anak untuk setiap instansi,” jelasnya.
Selain itu, ia menambahkan, melalui Rakor penyajian data terpilah gender dan anak Kota Kendari ini, diharapkan akan membentuk suatu komunikasi antar perangkat daerah dan lintas sektoral, sehingga tersedia data yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai acuan dalam merencanakan dan menentukan arah kebijakan pembangunan di bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kota Kendari.
Sementara itu tim ahli penyusun data profil dan gender anak, La Ode Anhusadar menjelaskan bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh DP3A dalam lima tahun terakhir dan memiliki output yang melahirkan sebuah buku profil gender dan anak. Hal ini tidak terlepas dari keterlibatan dinas yang terkait keperluan data gender dan anak.
“Jadi kegiatan ini kegiatan yang rutin dan sudah berjalan kurang lebih 5 tahun di DP3A ini dan memiliki output yang menghasilkan sebuah buku profil gender dan anak yang melibatkan dinas-dinas terkait yang membutuhkan data ini nantinya,” ungkapnya.
Kepala Pusat Studi Genre dan Anak IAIN ini juga mengatakan bahwa, penyajian data dan informasi merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan pembangunan yang digunakan, mulai dari tahap perencanaan, pembangunan, implementasi sampai dengan evaluasi program atau pengukuran pencapaian kinerja pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.
Diketahui dalam kegiatan rakor ini juga dihadiri oleh Kepala Pengadilan Agama Kota Kendari dan beberapa instansi Pemerintah Kota Kendari. (IK/AY)
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *










Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari © 2021
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari © 2021
Login to your account below




Please enter your username or email address to reset your password.

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *