Rekrutemen Anggota KPPS Kota Batu Sisakan 567 Slot Kosong – tugumalang.id

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Batu Marlina. Foto: Azmy
Kota Batu, Tugumalang.id – Pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 di Kota Batu ditutup pada 20 Desember 2023 ini. Namun, hingga hari terakhir ini, masih ada 567 slot yang kosong.
Informasi dihimpun, hingga Rabu (20/12/2023) pagi hari, pendaftaran anggota KPPS masih mencapai 3.710 orang dari total kebutuhannya yakni 4.277 orang. Artinya, masih ada 567 calon KPPS lagi yang dibutuhkan.
Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Batu Marlina memaparkan jika kebanyakan pendaftar mengalami terkendala kelengkapan berkas administrasi.
“Jadi ada berkasnya yang dikembalikan lagi, suruh melengkapi lagi. Semoga hari ini kuota rekrutmen KPPS ini bisa tercapai,” kata Marlina, Rabu (20/12/2023).
Namun jika belum terpenuhi, kata Marlina, pihaknya akan menerapkan sejumlah langkah sesuai aturan di KPU RI berupa penunjukan langsung oleh panitia KPPS, seleksi terbuka hingga kerjasama dengan lembaga pendidikan lainnya.
Sejumlah langkah itu akan disiapkan mengingat kebutuhan anggota KPPS yang direkrut bisa saja melebihi kebutuhan. Sebagai antisipasi jika ada anggota KPPS yang mengundurkan diri.
Nantinya, calon KPPS ini akan ditempatkan di total 611 TPS dengan masing-masing TPS diisi 7 orang KPPS dan 1 Linmas. Untuk besaran gajinya sendiri dinaikkan 100 persen dibanding pada Pemilu 2019. Untuk Ketua KPPS senilai Rp 1,2 juta, anggota KPPS senilai Rp 1,1 juta dan Linmas sebesar Rp 700 ribu. Sebelumnya, gaji mereka hanya berkisar di angka Rp 500 ribu.
Menurut Marlina, sejumlah persyaratan penting yang harus dipenuhi calon pendaftar antara lain berusia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun, strata pendidikan minimal SMA/sederajat hingga bukan anggota parpol minimal selama 5 tahun.
Selain itu, calon pendaftar diwajibkan melampirkan surat keterangan sehat terkait tensi darah, kolestrol dan gula darah. Kondisi fisik ini menjadi faktor penting karena nantinya dalam proses pemungutan dan penghitungan suara dibutuhkan tenaga ekstra.
“Kami memastikan penyelenggara ad hoc betul-betul dalam kondisi prima,” kata Marlina.
Marlina menambahkan jika anggota KPPS wajib menguasai penggunaan ponsel minimal android. Nantinya, masa tugas KPPS akan dimulai pada 25 Januari – 25 Februari 2023. Total akan ada sekitar 4.227 petugas KPPS yang akan direkrut. Lalu, pengumuman pada 11 – 15 Desember 2023.
Sebagai antisipasi kejadian petugas KPPS yang meninggal dan mengalami kerugian lain, Marlina menjamin jika nantinya para anggota KPPS akan diupayakan mendapat jaminan sosial dari Pemkot Batu berupa BPJS Ketenagakerjaan.
Hal ini kata Marlina sudah dikoordinasikan dengan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai. Berdasarkan hasil koordinasi tersebut, Pemkot Batu akan mengakomodir kebutuhan tersebut. Apalagi, soal ini sudah termaktub dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021.
“Nantinya, saya kira jaminan sosial ketenagakerjaan ini akan terealisasi karena ini kan sifatnya sudah Inpres,” tegasnya.
reporter: ulul azmy
editor: jatmiko
© 2022 Tugu Malang ID – Powered by Tugu Media Group
© 2022 Tugu Malang ID – Powered by Tugu Media Group

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *