AFC Cup: Bedah Kekuatan Yangon United, Lawan PSM di Play Off – IDN Times Sulawesi Selatan

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Makassar, IDN Times – PSM Makassar sedang bersiap untuk laga play off AFC Cup 2023-23 melawan Yangon United, Rabu mendatang (23/8/2023). Digelsar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, mereka akan berebut satu tempat di fase penyisihan grup kompetisi antarklub Asia tersebut.
Calon lawan Pasukan Ramang sendiri tak bisa dipandang sebelah mata. Selain berstatus sebagai runner-up Myanmar National League 2022, klub berjuluk The Lions tersebut sedang membidik keikutsertaan ke-8 di AFC Cup. Alhasil, mereka dipastikan berangkat ke Denpasar dengan seluruh pemain andalan.
Lantas seperti apa kemampuan klub yang dimiliki taipan Myanmar terkemuka yakni Tay Za tersebut? Berikut IDN Times membahasnya secara singkat.
Baca Juga: Play-Off AFC Cup, Pelatih PSM Minta Dukungan Seluruh Suporter
Yangon United adalah salah satu klub langganan papan atas Myanmar. Mereka sudah lima kali menjuarai Myanmar National League (MNL), kasta teratas sepak bola negeri tersebut, dan terakhir menjadi jawara pada edisi 2018. Capaian mereka semakin lengkap dengan tiga titel kompetisi domestik MFF Cup.
Di MNL musim 2022 lalu, Yangon United finis di peringkat 2. Mereka terpaut 9 poin dari Shan United sang juara. Kendati begitu, anak asuh Gerd Zeise tersebut berhak atas satu tiket ke babak kualifikasi AFC Cup 2023-24. Ini lantaran turnamen MFF Cup masih belum juga dihelat sejak 2020.
Saat ini, mereka bersaing ketat dengan Shan United untuk berebut puncak klasemen sementara MNL 2023. Mereka mengantongi poin 37 dari 15 laga, cuma terpaut empat angka saja dari Shan United di peringkat pertama.
Baru menukangi Yangon United sejak Agustus 2023 atau dua pertandingan, Gerd Zeise diharap bisa mendongkrak performa David Htan dan kawan-kawan. Efeknya langsung terasa. Dua kemenangan beruntun dikemas pada ajang MNL, sekaligus menekuk DPMM di babak preliminary round AFC Cup 2023-24.
Pelatih kepala asal Jerman tersebut bukan sosok baru dalam sepak bola Negeri Seribu Pagoda. Zeise sudah menukangi semua level Timnas Myanmar sejak pertama kali bekerja pada tahun 2011. Mulai dari U-19, U-20, U-21, U-23 hingga level senior. Ia pun menjadi otak dibalik lolosnya Myanmar di Piala Dunia U-20 tahun 2015.
Karier kepelatihan sosok 70 tahun tersebut juga cukup cemerlang, dan membentang dari Eropa hingga Asia. Sebut saja Rot-Weiß Oberhausen (1997-98), KRC Harelbeke (1999-2000), SHB Da Nang (2006-07) hingga New Radiant SC (2007-09).
Yangon United memiliki beberapa pemain kunci sejak awal musim. Sebagian besar bahkan berstatus pemain baru. Sebut saja top skorer sementara MNL 2023, Sekou Sylla. Penyerang asal Guinea tersebut sudah mengemas 11 gol dari 14 penampilannya bersama The Lions. Sylla sendiri sempat berseragam Yangon United pada 2018 hingga 2019.
Ada juga tandem Sylla di sektor depan yakni Jose Adolfo Valencia. Eks penggawa Timnas Kolombia U-20 tersebut telah mencetak 7 gol dalam 6 pertandingan, termasuk sebiji angka yang ia sumbang saat bertemu DPMM pekan lalu.
Materi pemain lokal Yangon United pun berpotensi memberi kejutan. Sebut saja bek kanan David Htan yang dikenal gesit, striker Yan Kyaw Htwe dengan koleksi 5 gol dari 4 laga, gelandang serang andalan Timnas Myanmar yakni Yan Naing Oo, hingga wonderkid Zaw Win Thein yang beroperasi di sektor tengah.
Sanggupkah Pasukan Ramang menjinakkan The Lions di Gianyar besok?
Baca Juga: Komdis PSSI Jatuhkan Sanksi Tambahan ke Pemain dan Pelatih Kiper PSM













source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *