KKNT UPN "Veteran" Jawa Timur Dampingi UMKM Panglungan Untuk Sertifikasi Halal MUI – Kabar Warta

958 Kali Dilihat

Jombang, kabarwarta.id –  Kelompok 16 KKNT UPN “VETERAN JAWA TIMUR” ikuti Sertifikasi Halal MUI UMKM Desa Panglungan, kabupaten Jombang.
Kegiatan sertifikasi Halal MUI UMKM Desa panglungan tepatnya di Dusun Mendiro. Pada kegiatan ini, Mahasiswa KKN-T Kelompok 16 UPN “Veteran” Jawa Timur memiliki kesempatan untuk mendampingi proses penilaian sertifikasi halal salah satu produk UMKM, yaitu kopi excelsa dan kopi robusta.
Dalam kegiatan pendampingan tersebut, didampingi  anggota Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur yang bertugas untuk melakukan penilaian dengan mengecek produk yang akan disertifikasikan halal.
“Proses penilaian dilakukan dengan pengecekan dokumen permohonan sertifikasi halal, memeriksa kelengkapan dokumen, kemudian memeriksa atau menguji kehalalan produk melalui pengecekan produk dan melihat secara langsung proses pengelohan kopi, seperti, Penggilingan kopi dengan memisahkan kulit dari biji kopi Kemudian dilakukan proses grading atau proses pemilihan sortasi dengan kriteria seperti ukuran, berat, dan kecacatan biji kopi,” ujar Lilik, staff Dinas Komunikasi dan Informatika provinsi Jawa Timur.
Pemeriksaan seperti, cacat pada warna maupun bentuknya. Setelah itu dilakukan roasting atau proses pemanggangan kopi. Lalu, kopi yang telah di roasting tersebut didiamkan semalaman dengan tujuan agar rasa kopi tersebut lebih pekat. Tahap akhir, dilakukan proses penggilingan kopi menjadi bubuk kopi.
Selain didampingin Mahasiswa KKN-T Kelompok 16 UPN “Veteran” Jawa Timur, kegiatan tersebut juga didampingin oleh Dinas Kehutanan kabupaten jombang dan masyarakat sekitar yang turut ikut mendampingi selama proses penilaian sertifikasi halal.
Penulis: Aida Kiftia Rengganis 
Mahasiswa KKNT Kelompok 16 UPNVJT
27 Desember 2023
Aktivis PUSAKA (Pusat dan studi advokasi) Lujeng Sudarto memberikan Masukan Ke Bawaslau Kota Pasuruan terkait proses
27 Desember 2023
26 Desember 2023
24 Desember 2023
22 Desember 2023
20 Desember 2023
18 Mei 2020
Kabarwarta.id – Pengaruh Globalisasi Pada Persebaran Covid – 19 Di Dunia Covid – 19, atau virus corona adalah sebuah
17 Desember 2020
02 Juli 2019
19 Juni 2020
25 Maret 2020
15 Juni 2020
Copyright 2018 | kabarwarta.id

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *