Ini 7 Toko Aplikasi Terbaik Alternatif Google Play Store – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Ada cukup banyak alasan mengapa sebagian besar pengguna Android bergantung pada Play Store sebagai tempat untuk menginstal aplikasi Android. Beberapa di antaranya seperti katalog yang lengkap dan aman karena Google tidak sembarang memasukkan aplikasi ke dalam Play Store.
Akan tetapi, di luar sana ada cukup banyak aplikasi pihak ketiga seperti Play Store yang hadir dengan perpustakaan aplikasi dan game yang cukup lengkap, di samping kemudahan untuk menginstal. Berikut beberapa di antaranya yang bisa dicoba.
Amazon Appstore bisa dibilang jadi toko aplikasi alternatif Play Store paling kompeten di daftar ini. Ini jadi toko aplikasi bawaan untuk perangkat Amazon Fire meski bisa diinstal di semua perangkat berbasis Android.
Amazon Appstore berisi banyak jenis aplikasi, termasuk beberapa yang populer dan digunakan oleh banyak orang. Aplikasi yang sempat jadi satu-satunya tempat mengunduh Amazon Prime Video ini, juga dilengkapi dengan banyak aplikasi dari Amazon. Ini bisa disandingkan dengan Play Store bagi mereka yang tertarik menggunakan lebih dari satu toko aplikasi.
Aptoide jadi salah satu toko aplikasi pihak ketiga paling tua di daftar ini. Ini memiliki banyak aplikasi modern seperti Facebook, TikTok, Netflix dan beberapa game terkenal seperti PUBG Mobile dan Clash of Clans. Berbeda dengan Play Store, Aptoide tidak punya regulasi yang ketat sehingga aplikasi yang eksplisit atau yang tidak ada di Play Store bisa ditemukan dengan mudah di sini.
Plus, apabila Play Store mengharuskan penggunanya memiliki akun untuk menggunakannya, Aptoide tidak membutuhkan itu. Ini alternatif yang tidak kalah menarik dari toko aplikasi sebelumnya.
Sama seperti Aptoide, F-Droid terbilang cukup veteran sebagai toko aplikasi namun jadi salah satu yang paling aman. Aplikasi yang ada di dalam toko aplikasi ini sebagian besar merupakan aplikasi produktivitas, meski ada juga beberapa aplikasi pada umumnya seperti Simple Gallery dan Simple Calendar.
Toko aplikassi ini juga punya sejumlah game namun tidak banyak. F-Droid cocok untuk mereka yang membutuhkan katalog aplikasi ekstra yang tidak bisa ditemukan di Play Store. F-Droid sendiri bersifat open source dan semua aplikasi yang ada di dalamnya juga open source.
Baca Juga: 8 Game Google Doodle Populer, Seru untuk Isi Waktu Luang
Humble Bundle jadi tempat sempurna untuk berburu game mobile dengan harga terjangkau. Ini menggunakan sistem “bayar berapapun” yang memungkinkan pengguna untuk membayar game lebih sedikit dari harga normal. Ada sistem tier tergantung berapa banyak game yang ingin pemain beli.
Yang menarik, sebagian hasil dari pembelian itu akan langsung masuk ke dalam salah satu program amal terkait. Ini mungkin bukanlah toko aplikasi sebaik Play Store, namun program “bundle game” yang mereka jalankan bersama developer atau publisher berbeda, terbilang cukup sering
QooApp agak berbeda dengan kebanyakan toko aplikasi di daftar ini karena ini dibuat untuk memuaskan hasrat mereka yang tertarik dengan berbaagai game dari Asia. Semua game yang ada di QooApp berasal dari developer atau pengembang game Asia dan bahkan hanya sedikit yang mendukung terjemahan bahasa Inggris atau non-Asia.
Toko aplikasi ini cocok untuk gamer yang ingin mendapatkan varian Jepang dari game global seperti Final Fantasy Brave Exvius. Selain QooApp, ada juga toko aplikasi bernama TapTap yang juga menawarkan jenis game serupa.
Sesuai namanya, Samsung Galaxy Store merupakan toko aplikasi dari Samsung yang sayangnya tidak tersedia di HP selain Samsung Galaxy. Namun, daftar game atau aplikasi pada game ini tidak selengkap Play Store dan sedikit lebih sedikit dari Amazon Appstore.
Kendati demikian, Galaxy Store punya UI yang bersih ala-ala UI khas Samsung, navigasi mudah dan game serta aplikasi populer seperti Netflix, Hulu, Brawl Stars dan Fortnite. Bagi pengguna HP Samsung Galaxy, Galaxy Store sudah langsung terinstal dan bisa langsung digunakan sebagai alternatif Play Store.
Yang terakhir adalah Yalp Store yang termasuk ke dalam salah satu toko aplikasi unik dan menarik. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengunduh APK dari game atau aplikasi yang ada di Play Store, secara langsung dari toko aplikasi buatan Google itu. 
Toko aplikasi ini bahkan juga memungkinkan pengguna untuk memperbarui versi aplikasi yang telah terinstal dan melakukan pencarian layaknya di Play Store. UI yang dimiliki game ini memang terlihat ketinggalan zaman namun bagi pengguna yang HP-nya sudah dalam posisi root, ada beberapa fitur ekstra yang bisa mereka dapatkan.
Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi toko aplikasi terbaik alternatif Google Play Store. Jika kamu punya saran lain, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah ya!
Baca Juga: 7 Aplikasi Android Termahal di Play Store, sampai Rp5 Juta


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *