Samsung Bakal Bikin Slot S Pen di HP Foldable – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Mulai dari Galaxy S21, Samsung menyisipkan S Pen ke produk S series-nya. Selain itu, S Pen juga hadir dalam produk foldable, yaitu mulai dari Z Fold3 dan ZFold4. Saat mengumumkan Galaxy S22 Ultra, Samsung menyediakan slot khusus untuk S Pen di HP tersebut.
Akan tetapi, dari Z Fold3 hingga Z Fold4, slot serupa tidak ditemukan di foldable. Samsung hanya menawarkan case khusus Z Fold4 untuk meletakkan S Pen yang dijual terpisah. Jadi, Samsung berencana membuat slot khusus S Pen di seri Fold selanjutnya.
Dilansir The Elec pada Rabu (2/11) kemarin, Samsung mengadakan rapat dengan berbagai supplier untuk membicarakan strategi mengembangkan HP foldable-nya. Menurut perusahaan asal Korea Selatan ini, sekitar 90 persen pengguna foldable dipastikan akan tetap membeli foldable tahun depan.
Oleh karena itu, Samsung memaparkan beberapa hal yang perlu dilakukan supplier produksi foldable agar lebih menarik banyak orang. Salah satu hal yang diungkit Samsung adalah menciptakan slot S Pen tersendiri. Slot tersebut awalnya ditujukan untuk Z Fold4, tetapi pada akhirnya, Samsung tidak melakukannya.
Apakah ini berarti Z Fold5 akan memiliki slot S Pen-nya sendiri pada 2023? Kita tunggu saja!
Baca Juga: Google: Samsung Harus Terus Buat Foldable Tiap Tahun
Selain slot S Pen, Samsung juga memaparkan bahwa foldable selanjutnya harus lebih ringan dan ringkas, lebih tahan lama, lebih minim kerutan akibat lipatan, serta memiliki kamera lebih tajam. Samsung juga meminta supplier menciptakan vibration motor dengan getaran lebih dan material baru untuk mengurangi berat foldable.
Perlu diketahui, bukan hanya slot S Pen, Z Fold4 juga seharusnya memiliki modul kamera yang lebih mutakhir. Namun, Samsung membatalkan rencana desain tersebut karena terhalang ini membuat HP lipat tersebut jadi berat dan tebal.
Sebagai perbandingan, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memiliki bobot masing-masing 206 dan 240 gram. Tanpa fitur-fitur yang diimpikan Samsung, berat Z Fold4 saja sudah mencapai 263 gram.
The Elec juga menceritakan bahwa Samsung ingin mengembangkan peranti lunak yang cocok dengan layar 4:3 seri Z Fold. Selain itu, Samsung juga ingin HP lipatnya memiliki durabilitas yang serupa dengan foldable terdahulunya.
Saat rapat tersebut, Samsung berbagi visi dengan para supplier-nya bahwa pasar HP foldable akan memiliki tingkat compound annual growth rate (CAGR) 80 persen per 2025 mendatang. Hal ini juga didukung perkiraan Samsung bahwa Apple juga akan menciptakan MacBook dan iPad foldable, meski tidak dengan iPhone.
Di Korea Selatan sendiri, Samsung membagikan data bahwa jumlah pengguna iPhone usia 20 dan 30an mulai berganti ke HP lipat Samsung tiga hingga empat kali lebih banyak dari sebelumnya.
Saat ini, memang berbagai sumber mencatat bahwa foldable hanya berkontribusi 1 persen dari pasar smartphone global. Namun, dengan kepuasan pelanggan terhadap HP lipatnya, Samsung percaya sektor HP lipat akan tumbuh pesat dalam beberapa tahun ke depan.
Baca Juga: 4 Inovasi Z Fold4 dan Z Flip4 yang Bikin Samsung Dominan!


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *