Dua Maskapai Siap Isi Slot Penerbangan di Bandara Dhoho Kediri – detikJatim

Bandara Dhoho Kediri akan segera beroperasi. Dua maskapai penerbangan Super Air Jet dan Batik Air telah mengajukan slot penerbangan dari dan ke Bandara Dhoho Kediri.
“Maskapai yang telah mengajukan slot SAJ & Batik Air,” kata Legal, Compliance dan Stakeholder Manager Angkasa Pura (AP) I (Persero), Donny Novanto, Minggu (7/1/2024).
Menurut Donny, sebelumnya sudah ada lima maskapai yang intens berkomunikasi mengisi slot dan rute di Bandara Dhoho Kediri. Ke-5 maskapai itu yakni Super Air Jet, Lion, Batik Air, Sriwijaya Air, dan City Link.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
AP I memastikan dua maskapai di antaranya SAJ dan Batik Air mengawali beroperasinya Bandara di awal tahun 2024 ini. “Untuk persetujuan rutenya, kami menunggu dokumen resmi dari Kementerian Perhubungan,” imbuh Donny.
Sebelumnya, AP I juga sudah memastikan mengawali Bandara Dhoho Kediri akan dibuka rute penerbangan domestik. Adapun rute penerbangan internasional masih menunggu kesiapan Bandara Dhoho yang masih berlangsung.
Bandara berstandar internasional itu proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) unsolicited pertama di Indonesia dimana pemrakarsa dan pendanaan dari pihak swasta atau non-APBN PT Gudang Garam Tbk kini pengerjaannya sudah rampung 100 persen.
Bandara yang memiliki panjang landasan pacu atau runway 3.300 m x 45 m, dan mampu didarati segala jenis pesawat sekelas Boeing 777.
Terkait waktu operasional Bandara Dhoho, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengungkap kapan Bandara tersebut beroperasi dalam waktu dekat. Apabila tidak ada perubahan jadwal, Ia menyebut bandara berstandar internasional itu segera beroperasi secara komersil tanggal 15 Januari 2024.
“Kalau tidak ada perubahan jadwal, semoga bandara bisa beroperasi pada 15 Januari,” jelas Mas Dhito, sapaan akrabnya saat dikonfirmasi terpisah
Lanjut Hanindhito, Bandara Dhoho rencana akan beroperasi pada tanggal 15 Januari 2024 meski belum diresmikan. “Jadi itu baru beroperasi pertama kali, belum peresmian. Nanti diresmikannya menunggu pemerintah pusat,” tegas Mas Dhito.

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *