Tempat Berkumpulnya Mahasiswa Kreatif, PGSD UNCP Gelar Fashion Show Batik Alami – RITMEE.CO.ID

PALOPO — Universitas Cokroaminoto merupakan perguruan tinggi yang berhasil mencetak mahasiswa yang kreatif. Kreatifitas mahasiswa UNCP bisa dilihat dari beberapa prestasi dan kegiatan yang mereka laksanakan.
Terbaru, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menggelar Fashion Show Batik Alami. Kegiatan itu mengangkat tema “Berkarya, Berinovasi, dan Berimajinasi”.
Acara berlangsung dari pukul 08:00 hingga 12:00 WITA di Aula Kampus 3 UNCP Pada 27 Juli 2023. Sebanyak 40 peserta fashion turut berpartisipasi dalam acara ini.
Fashion Show ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan unsur-unsur seni dalam dunia fashion yang aktual dan terkini.
Dosen Mata Kuliah Pendidikan Seni Rupa, Sulaeman, mengungkapkan harapannya terhadap kegiatan ini. “Hal ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa PGSD UNCP untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif dalam dunia kewirausahaan atau fashion di masa depan,” katanya.
“Saya sangat optimis dan yakin bahwa kedepannya, mahasiswa PGSD UNCP mampu bersaing dengan kampus-kampus di luar Pulau Sulawesi Selatan dalam bidang seni, baik di tingkat daerah maupun nasional,” lanjutnya.
Fashion Show Batik alami ini menampilkan karya mahasiswa yang menggunakan teknik ikat dengan cara diikat menggunakan tali atau karet sampai kedap air, lalu dicelup dengan pewarna.
Teknik ini dikembangkan karena kemudahan dan variasi motif yang beragam, dengan proses pengerjaan selama sekitar 1 bulan.
Selain itu, teknik ecoprint juga digunakan, yaitu teknik pewarnaan dengan menggunakan bahan pewarna alam, seperti daun, dengan cara dicetak atau ditumbuk, sehingga terbentuk motif hiasan pada kain, menciptakan kesan yang menarik.
Karya-karya yang dihasilkan oleh mahasiswa sesuai dengan harapan, dimana mahasiswa semester 4 telah mampu memanfaatkan bahan alam untuk dijadikan motif hias pada kain.
Tujuan dari karya-karya ini adalah agar mahasiswa PGSD bisa mendapatkan pengetahuan baru dalam bidang desainer. (*)







RITMEEKALTIM — Mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Agus Hari Kesuma […]
RITMEEKALTIM — Banyaknya antrean kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Balikpapan membuat […]
RITMEEKALTIM — Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) mendesak Pemerintah Provinsi […]

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *