Kendalikan Inflasi, Pemkot Makassar dan Sejumlah Instansi Terkait Hadirkan Layanan MDC – RITMEE.CO.ID

MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel, Bank Indonesia serta Bulog menghadirkan layanan Mini Distribution Center (MDC) menjelang Natal dan Tahun Baru tahun (Nataru) 2023.
Kegiatan ini merupakan bentuk pengendalian inflasi di Kota Makassar selama bulan Desember dengan menyasar beberapa pasar tradisional yang ada di kota makassar diantaranya pasar terong, pasar pa’baeng-baeng, pasar panampu, pasar sentral dan pasar daya.
Dengan hadirnya kegiatan ini masyarakat akan mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan Harga terjangkau atau sesuai Harga Acuan Tertinggi (HET) di antaranya beras, minyak goreng, serta Gula pasir.
Pelaksanaan MDC ini mulai berlangsung mulai tanggal 5 Desember hingga 29 Desember tahun 2023 setiap senin – jumat di 5 (lima) pasar tradisional yang ada di kota makassar dengan menggunakan Armada Dinas Perdagangan Kota Makassar yang biasa di sebut Mobil ” inflation control” garda pengendali inflasi.
Kepala Dinas perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Arlin ariesta menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan guna mengendalikan inflasi yang ada di Kota Makassar.
“alhamdulillah inflasi di kota Makassar saaat ini turun dari sebelumnya di angka 3,01% menjadi 2,86 %, jelasnya, Jumat (08/12/2023).
Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Provinsi Sulsel Junaedi bersama Bank Indonesia Perwakilan Sulsel mengecek harga kebutuhan Pokok jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) sekaligus memantau jalannya Mini Distribusi Center (MDC), Dipasar Terong Makassar, Rabu 6 Desember 2023.
“Kita di November ini alhamdulillah pertama kali dalam lima tahun pencapaian Inflasi dibawah nasional. Untuk capai itu berkat kolaborasi pihak terkait termasuk Bank Indonesia, Forkopimda,Pemerintah Kabupaten/Kota, Bulog yang selama ini banyak mensupport,” kata Junaedi.
Sementara itu Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel, M.Firdauz Muttaqien mengatakan, bahwa harga kebutuhan pokok setiap tahun jelang Nataru bisanya akan mengalami kenaikan karena kegiatan yang meningkat pula.
“Setiap tahun pasti akan terjadi kenaikan jelang Nataru, karena masyarakat banyak kegiatan pasti berdampak pada kenaikan bahan pokok. Kami bersama Pemprov Sulsel dan TPID Provinsi Sulsel kerjasama dengan TPID Makassar, Palopo, Pare-Pare dan Lain-lain akan lakukan optimalisasi operasi pasar, namun dengan Mini Distribusi Center atau toko buat mobile ini dengan setiap hari,” jelasnya.
Dirinya pun mengatakan, bahwa di MDC ini masyarakat akan memperoleh kebutuhannya dengan harga terjangkau. “Masyarakat peroleh kebutuhannya dengan harga terjangkau ini, karena memang beberapa harga naik makanya kita stabilkan,” ucapnya.(*)







RITMEEKALTIM — Mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Agus Hari Kesuma […]
RITMEEKALTIM — Banyaknya antrean kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Balikpapan membuat […]
RITMEEKALTIM — Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) mendesak Pemerintah Provinsi […]

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *