6 Manfaat Minyak Bumi Yang Didapatkan Oleh Umat Manusia Untuk Keberlangsungan Hidup – RITMEE.CO.ID

RITMEE.CO.ID – Minyak bumi memiliki manfaat penting sebagai sebagai sumber daya alam untuk kelangsungan hidup manusia.
Akan tetapi, minyak bumi juga memiliki sifat yang tidak bisa dipulihkan atau diperbarui memaksa umat manusia untuk menentukan pilihan bijak dan juga melestarikan minyak bumi supaya tetap tersaji untuk generasi yang akan datang.
Banyaknya manfaat minyak bumi untuk kehidupan manusia, menjadikan beberapa negara mengeksplorasi wilayah wilayah yang memiliki sumber daya yang menghasilkan minyak bumi dan juga mendapatkan manfaat atau diekspor ke beberapa negara lain sebagai sumber devisa.
Minyak bumi menyajikan banyak manfaat untuk kelangsungan hidup manusia, seperti untuk gas cair, bahan bakar, sumber produksi polimer, industri petrokimia, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pada kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai manfaat yang dihasilkan dari minyak bumi. Berikut ini ada 6 manfaat minyak bumi yang didapatkan oleh umat manusia untuk keberlangsungan hidup.
Proses penyulingan atau distilasi minyak bumi menghasilkan bahan bakar yang bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor atau mesin diesel. Minyak bumi digunakan sebagai bahan pembuatan oli sehingga kendaraan dapat melaju kencang tanpa khawatir tersendat.
Salah satu produk gas cair dari hasil minyak bumi, yaitu LPG. Gas disimpan dalam sebuah tabung dan dipergunakan untuk kebutuhan domestik.
Minyak bumi bisa mendukung produk industri petrokimia, seperti serat pakaian, pupuk urea, lilin, cat, kosmetik, atau karet nilon.
Minyak bumi dimanfaatkan sebagai sumber produksi polimer yang digunakan untuk banyak industri, khususnya plastik.
Minyak bumi juga bisa dimanfaatkan untuk bahan poliuretan yang digunakan untuk membuat busa yang berfungsi sebagai tambahan pelindung barang, sofa, jok motor/mobil, hingga matras.
Pemanfaatan minyak bumi juga digunakan untuk pembuatan bahan-bahan serat, seperti polyester, rayon, tekstil sintetis, nilon, dan sebagainya.
Bahan ini juga biasa digunakan dalam pakaian. Kain atau bahan tekstil hasil produksi minyak bumi bisa membuat pakaian tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. (*/dirman)
RITMEEKALTIM — Mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Agus Hari Kesuma […]
RITMEEKALTIM — Banyaknya antrean kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Balikpapan membuat […]
RITMEEKALTIM — Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) mendesak Pemerintah Provinsi […]

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *