15 Cara Menghasilkan Uang dari Playstore, Mudah dan Untung – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Era internet seperti saat ini makin memudahkan manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari cara manusia saling berkomunikasi, memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga membantu perekonomian.
Kini sudah banyak orang yang menggunakan ponsel atau smartphone dengan akses internet di Indonesia. Bagi pengguna Android, mungkin sudah tidak asing dengan Google Play Store, yakni layanan Google yang digunakan untuk mengunduh aplikasi di ponsel.
Ada banyak aplikasi yang tersedia di sana. Kamu bisa menggunakannya untuk berkomunikasi hingga mencari cara menghasilkan uang dari PlayStore dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi. Apa saja cara agar bisa menghasilkan uang dari sana? Lalu, apa saja aplikasinya? Simak rinciannya berikut ini, ya!
Saat ini, ada banyak media sosial dan aplikasi berkirim pesan yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari bertukar kabar dengan orang-orang terdekat, membangun jaringan, berkomunikasi dengan atasan atau klien, sampai berjualan dan mempromosikan barang daganganmu.
Kamu bisa mendapatkan uang dari media sosial dengan cara berjualan online, menerima endorsement, dan sebagainya. Bisa dibilang tidak ada batasan tentang bagaimana kamu memanfaatkan media sosial sebagai ladang cuan untukmu.
Cara menghasilkan uang dari PlayStore yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi media sosial yang bisa mendatangkan cuan. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk menghasilkan uang adalah:
1. Instagram
Siapa yang tidak tahu Instagram? Dengan kepopuleran dan penggunanya yang makin bertambah, Instagram tidak hanya menjadi media sosial tempat orang membagikan foto atau videonya ke publik. Namun, Instagram juga menjadi media bagi banyak orang maupun perusahaan untuk mempromosikan produk jualannya.
Ada banyak fitur yang memudahkan para penjual online untuk merambah pasar yang lebih besar, seperti fitur tagar dan shopping post. Kamu tidak hanya bisa berjualan di Instagram, tapi juga bisa mencoba pekerjaan lainnya. Contohnya, menjadi admin akun Instagram orang lain atau perusahaan, paid promote, influencer, dan menerima endorsement.
2. Facebook
Meski banyak pihak menganggap makin ke sini Facebook mulai ditinggalkan oleh penggunanya, tapi media sosial ini tetap memiliki pasar dan karakteristik penggunanya sendiri yang tetap loyal dalam menggunakannya. Beberapa fitur Facebook bisa digunakan untuk berjualan, seperti fitur grup, menjadi admin akun Facebook orang lain, membuka jastip, dan sebagainya.
3. TikTok
Beberapa tahun ke belakang, TikTok menjadi media sosial yang mulai populer di Indonesia. Kemudahan dalam menggunakannya menjadi salah satu nilai plus aplikasi ini. Apalagi makin banyak orang yang lebih betah melihat konten dalam bentuk audio visual dan dalam penggunaannya, pengguna tinggal swipe untuk mengganti video.
Marketplace adalah platform online yang mewadahi para penjual online untuk berjualan di sana dengan berbagai fitur dan kemudahan. Di Indonesia, contoh marketplace yang cukup populer antara lain Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Bukalapak. Semua marketplace tersebut bisa diunduh di Google Play Store.
Kamu bisa berjualan secara online di sana untuk mendapatkan uang, baik sebagai tambahan maupun penghasilan utamamu. Namun, jika kamu memiliki modal yang minim untuk memproduksi barang sendiri, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper.
Sebagai penjual, berjualan di marketplace akan membantu kamu untuk lebih memperluas pasar. Selain itu, transaksinya juga jauh lebih aman dibanding bertransaksi online secara langsung. Sebab ada pihak ketiga yang bertanggung jawab untuk transaksimu, yaitu pihak marketplace tersebut.
Di samping itu, pihak marketplace biasanya banyak menyediakan fitur-fitur yang memudahkan penjual untuk mendapatkan pembeli, seperti fitur cashback, toko resmi, fitur gratis ongkir, dan sebagainya.
Buat kamu yang gemar bermain game, tentu sudah tidak asing dengan game-game online, seperti PUBG, Free Fire, atau Mobile Legends. Ada banyak game online di Play Store yang bisa menambah penghasilan kamu. Misalnya, dengan berjualan akun game, joki bermain game, hingga mengikuti kompetisi-kompetisi e-sports.
Bahkan, saat ini e-sports menjadi salah satu prospek kerja yang menjanjikan bagi sebagian orang. Hadiah yang diberikan dalam satu kali kompetisi bisa jutaan, puluhan, hingga ratusan jutaan rupiah untuk satu tim e-sports. Dengan kata lain, bermain game bisa jadi alternatif cara menghasilkan uang dari PlayStore yang patut kamu coba.
Salah satu jenis pekerjaan yang diminati oleh banyak orang saat ini adalah menjadi pekerja lepas atau freelance. Jenis pekerjaan sebagai freelancer pun juga cukup beragam tergantung skill yang kamu miliki. Contohnya yang paling umum adalah desainer dan menulis.
Di Play Store, ada banyak aplikasi yang mewadahi para freelancer untuk mencari pekerjaan sebagai pekerja lepas. Kamu bisa mendaftar dan mengunggah hasil karyamu agar klien tertarik untuk menggunakan jasamu.
Beberapa contoh aplikasi di Play Store untuk freelancer yang banyak direkomendasikan, antara lain Fiverr, Fastwork, Freelancer Indonesia, Sampingan, Upwork, dan Truelancer.
Cara menghasilkan uang dari Playstore berikutnya adalah dengan memanfaatkan berbagai aplikasi penghasil uang secara online. Aplikasi-aplikasi ini bisa memberikan uang kepadamu dengan syarat kamu berhasil menyelesaikan misi atau tugas tertentu, seperti menonton video, mengisi survei, menginstal aplikasi baru, mengulas aplikasi, bermain game, mengisi captcha, dan sebagainya.
Beberapa contoh aplikasi penghasil uang yang bisa kamu coba antara lain Cash for Apps, Money App, Cashtree, dan WHAFF. Biasanya setelah menyelesaikan suatu misi atau tugas, kamu akan diberikan sejumlah poin. Jika dikumpulkan, poin tersebut bisa ditukar dengan uang yang akan ditransfer ke akun PayPal atau dompet digital kamu.
Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, kamu bisa mendapatkan uang dengan mengunduh aplikasi penyedia survei online. Ada banyak perusahaan yang menggunakan jasa aplikasi penyedia survei tersebut untuk mengetahui opini masyarakat atau pasar terhadap produk mereka. Tujuannya tentu untuk meningkatkan penjualan mereka.
Nah, sebagai pengguna, kamu bisa mencoba mengisi berbagai survei online yang disediakan aplikasi tersebut. Biasanya kamu akan diberikan reward jika berhasil menyelesaikannya. Bisa berupa poin, saldo, pulsa, hingga voucher diskon. Beberapa contoh aplikasinya adalah YouGov, Google Opinion Rewards, hingga Jakpat.
Buat kamu yang punya bakat public speaking, berbicara di depan orang banyak, dan suka mewawancarai orang lain, mungkin kamu bisa mencoba membuat siniar atau podcast. Saat ini sudah banyak podcasters di Indonesia dengan karakter dan ciri khas konten yang beragam.
Oleh sebab itu, hal tersebut juga jadi tantangan buat kamu yang baru ingin memulai memproduksi podcast. Kamu harus membuat konsep podcast yang unik, menarik, dan memiliki nilai jual. Di Play Store, kamu bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi untuk mendistribusikan podcast-mu. Contohnya, Anchor, Noice, dan Spotify.
Buat kamu yang hobi fotografi dan punya skill mumpuni untuk memotret, kamu bisa mencoba menjual foto secara online di beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Cara menghasilkan uang dari Playstore ini cukup diminati oleh banyak orang karena hanya dengan berbekal kamera dan kemampuan memotret, mereka bisa mendapatkan uang tambahan.
Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba di antaranya Shutterstock Contributor, Dreamstime, dan Contributor by Getty Images – iStock.
Kalau sebelumnya diperuntukkan buat kamu yang hobi fotografi, maka cara menghasilkan uang dari PlayStore yang satu ini pas untuk kamu yang hobi menulis. Apalagi kamu adalah penulis fiksi dengan segudang ide-ide cerita dan imajinasi yang brilian. Kamu bisa mulai menulis di berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store.
Contoh aplikasinya adalah Wattpad, Storial, Joylada, Novelme, dan lainnya. Jika banyak pengguna yang membaca tulisanmu, maka makin besar peluang untuk dijadikan menjadi buku oleh beberapa penerbit. Kamu juga bisa mengajukannya ke penerbit kesukaanmu yang sesuai dengan genre tulisanmu.
Saat ini, pekerjaan sebagai developer aplikasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kebutuhan pasar akan pekerjaan ini masih sangat tinggi. Oleh sebab itu, buat kamu yang punya keahlian di bidang IT dan engineering, kamu bisa mencoba peruntungan dari sini.
Kamu bisa mengembangkan suatu aplikasi dan menjualnya di Google Play Store. Makin banyak pengguna yang mengunduhnya, maka makin banyak pula cuan yang akan kamu terima.
Masih berkaitan dengan pengembangan suatu aplikasi untuk Play Store, kamu bisa memanfaatkan sistem subscription atau berlangganan. Kamu juga bisa menyediakannya secara gratis, tapi tetap menawarkan fitur berbayar dengan berbagai kelebihan. Misalnya, tanpa iklan, akses lebih banyak, dan sebagainya.
Jika kamu masih ragu dan belum siap untuk mengembangkan aplikasi sendiri, kamu bisa mengajukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ingin mempromosikan produknya di dalam aplikasi yang akan kamu buat nantinya. Namun, pastikan aplikasi buatanmu itu tetap menjadi hak developer. Pihak perusahaan hanya sebagai sponsorship yang mempromosikan produk mereka di dalam aplikasi buatanmu.
In-app purchases adalah aplikasi yang menjual produk digital, bisa berupa barang atau layanan ke para penggunanya. Biasanya in-app purchases sering ditemukan pada game online, seperti menjual senjata, skin, pakaian, dan item-item lainnya yang menunjang karakter yang dimainkan seorang gamer agar lebih kuat.
Harganya pun sangat bervariasi tergantung apa yang dijual dan keunggulan yang dimilikinya. Harganya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.
Baca Juga: 25 Website Penghasil Uang yang Aman dan Terpercaya, Cobain!
In-app advertising adalah cara yang dilakukan pengembang aplikasi untuk tetap mendapatkan uang, meski aplikasi buatannya bersifat gratis bagi para penggunanya. Caranya adalah dengan menyisipkan iklan-iklan pada aplikasi tersebut. Hal ini sudah sangat sering kita temukan di berbagai aplikasi yang ada di ponsel.
Jenis-jenis iklan tersebut mulai dari banner ads, overlay ads, hingga interstitial ads. Namun, seorang developer aplikasi juga harus memperhatikan iklan yang dimasukkan ke dalam aplikasinya. Sebab peletakan dan jumlah iklan akan memengaruhi kenyamanan pengguna dalam menggunakan aplikasi.
Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta dalam Sehari Tanpa Modal
Cara menghasilkan uang dari Playstore yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pinjaman online. Cara ini ampuh buat kamu yang memang membutuhkan dana secara cepat.
Namun, dengan syarat kamu harus tetap mempertimbangkan kemampuanmu untuk membayar kembali uang yang sudah dipinjam. Jangan sampai kamu melewati tenggat waktu dalam membayar kredit, karena namamu bisa masuk dalam blacklist.  Beberapa aplikasi pinjol yang aman, mudah, dan cepat, di antaranya Kredivo, Akulaku, Kredit Pintar, UangTeman, dan PinjamanGo.
Nah, demikianlah 15 cara menghasilkan uang dari Playstore yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan atau bahkan sebagai penghasilan utamamu. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya!
Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Telegram, Tambah Cuan!


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *