Pansus Perubahan APBD 2023 Laporkan Penambahan Pendapatan Daerah Capai Rp150 Miliar – Harian Mercusuar

PALU, MERCUSUAR – Penambahan Pendapatan Daerah pada Perubahan Anggran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Kota Palu tahun 2023 ada ketambahan Rp12 miliar lebih. Hal itu dilaporkan Ketua panitia khusus (pansus) Perubahan APBD Kota Palu tahun 2023 pada Paripurna yang digelar Kamis (14/9/2023) di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Palu.
Ketua Pansus, Joppi Alvi Kekung yang menjelaskan, dalam pembahasan pansus ditemukan perbedaan angka sebesar Rp12.960.012.785 antara pembahasan Badan Anggaran (Banggar), nota Pengantar Wali Kota dan pembahasan pansus. 
Menurut Joppi, sapaan akrabnya, perbedaan angka tersebut berasal dari, penambahan dari pendapatan daerah yang mengalami kenaikan dari total sebelumnya yang hanya Rp137 Miliar.
“Dalam proses pembahasan perubahan APBD, wajar jika anggaran masih dapat mengalami pergerakan sebelum dilakukan evaluasi. Di fase pembahasan Banggar, masih terdapat potensi perubahan ditingkat pansus,” jelasnya.

Lebih lanjut, Joppi menyampaikan bahwa, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah mengidentifikasi peningkatan pendapatan daerah sekitar Rp12 miliar lebih tersebut, yang kemudian dimasukkan dalam dalam belanja daerah untuk menghindari adanya Silpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran). 
Joppi juga menjelaskan, penambahan pendapatan daerah yang sebelumnya ditetap Rp137 miliar ketambahan Rp12 miliar lebih sehingga ketambahan pendapatan daerah pada  perubahan APBD Kota Palu 2023 menjadi Rp150 miliar.
“Dalam tahap Pansus, TAPD belum memberikan rincian terkait penambahan Rp12 miliar lebih tersebut pada sektor belanja mana saja,” jelasnya.







source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *