Bandara Radin Inten II Lampung Sediakan 3.080 Slot Time … – Kupastuntas.co

Bandara Radin Inten II Lampung. Foto: Ist.
Kupastuntas.co, Bandar Lampung – Memasuki periode penerbangan winter yang dimulai pada tanggal 29 Oktober 2023, Bandara Radin Inten II Lampung optimis ketercapaian slot time di periode tersebut dapat tercapai.
Executive General Manager Bandara Radin Inten II, Untung Basuki mengatakan, hal tersebut disinyalir dengan semakin sibuknya pergerakan penerbangan berdasarkan data utilisasi slot time di periode summer.


“Slot time penerbangan sendiri adalah ketersediaan waktu terbang di bandara untuk keberangkatan dan kedatangangan. Jumlah slot time di setiap bandara berbeda, menyesuaikan kapasitas dan fasilitas di masing-masing bandara,” kata Untung, saat dimintai keterangan, Selasa (21/11/2023).
Menurutnya, pemanfaatan slot time yang tertinggi di periode summer dapat dilihat pada bulan Agustus 2023. Dimana pada bulan tersebut tersedia 476 slot time di Bandara Radin Inten II, dan yang digunakan oleh maskapai mencapai 458 slot time.
“Sehingga utilisasi slot time di Bandara Radin Inten II pada bulan tersebut mencapai 96 persen. Utilisasi slot time di Bandara Radin Inten II meningkat sejak awal periode summer yang dimulai pada tanggal 26 Maret sampai dengan 28 Oktober 2023,” paparnya.
Hal tersebut menjadi kabar baik karena menandakan periode pemulihan lalu lintas pada sektor penerbangan di Bandara Radin Inten II pasca pandemi Covid-19.
“Sejalan dengan terus tumbuhnya utilisasi slot time pada periode summer, kami sangat optimis target pergerakan pada periode winter yang dimulai pada tanggal 29 Oktober 2023 sampai dengan 30 Maret 2024 ini dapat mencapai target yang diinginkan,” terangnya.
Sementara itu, pada periode winter, Bandara Radin Inten II menyediakan 3.080 slot time penerbangan dengan rerata perhari 20 pergerakan pesawat. 
Adapun pada periode winter ini terdapat penambahan satu rute penerbangan yaitu rute Lampung Bali dan sebaliknya.
“Pada periode ini kami telah melakukan konsolidasi dengan berbagai pihak maskapai dengan harapan adanya penambahan rute penerbangan dari dan menuju lampung. Salah satunya rute bali yang akan dioperasikan oleh maskapai Air Asia,” kata dia.
“Penerbangan rute Lampung – Bali direncanakan akan dimulai pada tanggal 17 Januari 2024 dan penjualan tiket sudah dimulai tanggal 16 November 2023,” jelasnya.
Selain penambahan rute penerbangan, terdapat pula penambahan slot penerbangan dengan rute yang sama yaitu rute Jakarta – Lampung dan sebaliknya.
Maskapai Garuda Indonesia menambahkan rute penerbangannya sebanyak 5 hari dalam seminggu.
“Selain penambahan rute penerbangan Bali oleh maskapai Air asia, maskapai Garuda Indonesia pun melakukan penambahan slot penerbangan dengan rute Jakarta pada hari Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at dan Sabtu,” ungkapnya.
Ia menambahkan, seiring dengan mulai pulihnya sektor transportasi udara, Bandara Radin Inten II bersama stakeholder maskapai penerbangan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi slot penerbangan yang tersedia. (*)
Jalan Turi Raya, No. 101, Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung, Lampung.
(0721) 773331
kupastuntas7@gmail.com
© kupastuntas.co All Right Reserved

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *