Groundbreaking Tahap III IKN Tembus Rp10 Triliun – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Jakarta, IDN Times – Peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap III proyek pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dijadwalkan bulan depan. Nilai proyek yang akan groundbreaking di tahap II ini diperkirakan mencapai Rp10 triliun.
Ada sejumlah perusahaan yang akan groundbreaking di tahap III mulai dari GrandLucky hingga Indogrosir. 
“Insyaallah Desember, tapi nanti waktunya kita tentunya menunggu dari Bapak Presiden kesediaan waktunya seperti apa. Dan tadi kita targetkan Rp10 triliun lagi supaya mencapai Rp45 triliun di 2023 ini,” kata Deputi Bidang Pembiayaan dan Investasi Ibu Kota Nusantara (IKN), Agung Wicaksono dalam Media Briefing, Senin (20/11/2023). 
Sebagai informasi, nilai proyek IKN pada groundbreaking tahap I senilai Rp23 triliun, tahap kedua Rp12,5 triliun. Dengan begitu, nilai proyek yang groundbreaking di IKN sepanjang tahun ini diharapkan akan mencapai Rp45 triliun.
Baca Juga: Groundbreaking Kompleks BI di IKN, Jokowi: Tambah Kepercayaan Investor
Agung menjelaskan, groundbreaking tahap ketiga akan dilakukan untuk tiga kategori pembangunan, di antaranya pembangunan 3 proyek terkait sektor hijau, 6 proyek yang mendukung ekosistem kawasan to work, to live, and to play, serta 3 proyek pembangunan gedung lembaga negara. 
Berdasarkan data paparannya untuk kategori hijau diantaranya Yayasan Arsari Djojohadikusumo Pulau Suaka Orang Utan, Kebun Raya dan Reforestasi Hutan IKN, Green Movement Sabuk Hijau Nusantara crowdsourcing untuk Reforestasi.
“Kriteria yang ketiga ini green dan melengkapi ekosistem terutama di kawasan 1A yang nanti akan menjadi bagian dari sumbu kebangsaan, juga lembaga pemerintah negara, tidak pakai APBN, jadi sifatnya investasi juga. Jadi untuk tiga kategori ini di tahap ketiga nilainya Rp10 triliun,” ungkap Agung. 
Kategori kedua, diantaranya ada Jambuluwuk Hotels & Resorts, The Pakubuwono Development, BSH, Indogrosir, BSB Balikpapan Super Block, dan Grand Lucky.
“Jadi nanti di dekat hotel tersebut akan ada penyediaan kebutuhan melalui supermarket dan toko grosir. Jadi ekosistem yang membangun kawasan untuk  to work to live and to play. Contoh Ada Indogrosir dan GrandLucky ini mereka bagian dari konsorsium yang (membangun) Hotel Nusantara di tahap pertama,” bebernya. 
Baca Juga: Laris Manis, Jokowi Groundbreaking Banyak Proyek di IKN
Kemudian kategori ketiga terdapat beberapa lembaga negara, diantaranya ada OJK, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan BPJS Kesehatan.
“Ini masih daftar tentatif, tergantung nanti jadwal Bapak Presiden dan Wakil Presiden kita, bisa lakukan berapa banyak,” jelasnya. 
Lebih rinci, groundbreaking tahap pertama berlangsung pada 21-22 September 2023 dengan nilai investasi Rp23 triliun dengan groundbreaking 10 perusahaan dalam konsorsium nusantara untuk pembangunan mall, hotel, perkantoran, dan kontribusi taman dan ruang terbuka hijau.
“Total nilai investasi dari pembangunan yang dilakukan Konsorsium Nusantara sebesar Rp40 triliun, namun akan secara bertahap mereka lakukan sekarang Rp20 triliun,” ucap Agung.
Pada 22 September 2023 dilakukan pembangunan tempat pelatihan sepak bola dengan standar internasional Fédération Internationale de Football Association (FIFA) dengan nilai investasi diperkirakan Rp180 miliar. Pembangunan ini dilakukan secara sinergis antara Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan FIFA.
Pada hari yang sama, Pertamina Sustainable Energy Center juga melakukan groundbreaking pusat kajian energi berkelanjutan seluas 3.700 hektar di area riset dan inovasi IKN. Kemudian pada 22-23 September ada seremoni pembangunan hotel bintang 4 dan rumah sakit Abdi Waluyo. 
Groundbreaking tahap kedua berlangsung pada 1 sampai 2 November 2023 dengan nilai investasi Rp 12,5 triliun. Dalam groundbreaking tahap kedua ini pembangunan dilakukan terhadap sektor yang lebih beragam mulai dari rumah sakit, sekolah, bank-bank pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan.
“Hal yang penting infrastruktur strategis seperti bandara dan kelistrikan, terutama energi terbarukan yaitu pembangkit listrik tenaga surya 50 mega watt oleh PLN juga dengan mitra internasional,” tutur Agung.
Baca Juga: Diserbu! 305 Investor Nyatakan Minat Investasi di IKN, Ini Rinciannya


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *