5 Rekomendasi Taktik Terbaik di FM 24, Ada Tiki Taka! – Duniaku

Taktik ini yang akan memberikan kalian kemenangan
Bunga Semesta
25 November 2023
Taktik adalah aspek yang sangat penting bagi kalian sebagai manajer di Football Manager 2024. Ada beberapa taktik yang dapat kalian gunakan, mulai dari Tiki Taka ala Pep Guardiola, hingga Gegenpress ala Jurgen Klopp.
Preferensi taktik yang kalian pilih tentunya akan menentukan bagaimana cara bermain dan hasil pertandingan yang kalian mainkan. Maka dari itu, kalian harus menggunakan taktik yang sesuai dengan potensi pemain dan kebutuhan tim.
Nah, kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi taktik terbaik di FM 24 yang dapat kalian jadikan referensi untuk digunakan di tim kalian.
Simak baik-baik, ya!
Taktik Tiki Taka dengan formasi 4-3-3 ini sangat efektif jika kalian menukangi tim unggulan dan bermain di liga kompetitif. Jika kalian sedang berjuang untuk menghindari degradasi, taktik ini mungkin sulit diterapkan karena cukup berisiko, tetapi di sisi lain, taktik ini dapat memberikan banyak gol di tiap pertandingan.
Formasi ini menggunakan dua bek sayap yang melakukan transisi menjadi bek tengah saat tim menguasai bola. Taktik ini memerlukan playmaker berkualitas untuk menciptakan peluang serta kreativitas di lini tengah untuk memberikan umpan kepada winger dan striker.
Kalian memerlukan pemain yang mampu memberikan operan-operan berkualitas baik itu operan pendek atau operan jauh. Gelandang dengan berbagai tipikal seperti mezzalla, box-to-box, hingga advanced playmaker tentunya diperlukan untuk memberikan penguasaan bola yang sempurna layaknya kombinasi Xavi, Iniesta dan Busquets di Barcelona.
Gegenpress ala Jurgen Klopp dengan formasi 4-2-3-1 tentu dapat memberikan ancaman dalam bertahan dan menyerang. Taktik ini dianggap lebih aman dibanding yang sebelumnya, dengan empat pemain di belakang yang berperan sesuai standarnya.
Kalian memerlukan bek tengah dengan visi dan umpan yang baik untuk menyuplai bola dengan cepat dan tepat. 
Gelandang tengah tentu memegang peran kunci sebagai playmaker yang agresif, dengan passing dan visi yang sangat penting. Di lini depan, kalian memerlukan striker dan winger yang mampu konsisten untuk melakukan pressing saat lawan memegang bola di area pertahanan mereka.
Gelandang yang kalian miliki harus aktif untuk mencari umpan pendek, sementara pemain sayap diberi kebebasan untuk bergerak mencari ruang. Striker sangat dianjurkan untuk melakukan shooting lebih sering untuk meningkatkan kesempatan mencetak gol.
Menggunakan formasi menyerang seperti 3-4-3 mungkin diperkirakan akan kalah dalam pertandingan, tetapi disisi lain, taktik ini dapat menghasilkan sesuatu yang menjanjikan. Taktik ini bergantung pada striker dengan penyelesaian akhir yang handal dan bek sayap yang dapat memberikan suplai bola yang berkualitas ke dalam kotak penalti lawan.
Seluruh tim harus bermain dengan mentalitas menyerang. Stamina pemain yang tinggi tentu sangat dibutuhkan, terutama pada posisi bek sayap yang menjadi satu-satunya pemain di area sayap yang harus melakukan banyak transisi saat bertahan dan menyerang.
Tingkat stamina yang tinggi adalah kunci kesuksesan taktik ini. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan striker dengan tipikal false nine dan dikombinasikan dengan target man yang masing-masing memiliki finishing luar biasa.
Rekomendasi taktik terbaik di FM 24 selanjutnya adalah catenaccio. Catenaccio adalah suatu strategi sepak bola yang berasal dari Italia, khususnya populer pada tahun 1960-an dan 1970-an. Strategi ini terkenal karena pendekatannya yang sangat defensif, dengan fokus utama pada pertahanan yang kuat dan menyerang secara efisien. 
Posisi libero adalah elemen penting dari catenaccio. Libero beroperasi di belakang garis pertahanan sebagai pemain serba bisa, siap untuk menyapu bola dan mengatasi ancaman lawan.
Catenaccio dikenal dengan penerapan man marking yang ketat, di mana setiap pemain bertanggung jawab untuk menjaga satu pemain lawan secara langsung. Tujuannya adalah untuk mengurangi ruang gerak bagi pemain lawan dan menghambat serangan mereka.
Jika kalian menerapkan catenaccio, kalian tidak selalu fokus pada penguasaan bola, tetapi lebih cenderung untuk memberikan lawan kebebasan dengan bola dan kemudian memanfaatkan kesalahan atau kelemahan lawan untuk melakukan serangan balik.
Catenaccio dikenal dengan pendekatan taktis yang cermat dan disiplin karena pemain diinstruksikan untuk mematuhi peran dan tanggung jawab mereka secara disiplin.
Dengan strategi direct counter attack, kalian dapat memaksimalkan kesalahan lawan saat menguasai bola dengan menyerang balik secepat mungkin. Strategi ini menekankan kecepatan dan efisiensi pemain dalam mengonversi bola dari situasi bertahan menjadi menyerang.
Tim yang menerapkan direct counter attack harus berfokus pada merebut bola secepat mungkin setelah kehilangan bola pada posisi awal. Selain itu, pemain-pemain dapat sering kali melakukan sprint untuk menciptakan ruang di area tengah lapangan atau di wilayah serangan lawan.
Bagi kalian yang ingin menerapkan taktik ini, pastikan kalian memiliki pemain yang disiplin dalam bertahan dan menjaga lawan. Setelah itu, kalian harus memiliki gelandang kreatif yang selalu siap memberikan umpan manis secepatnya setelah mendapat bola dari lawan dan memberikan kepada striker atau winger baik melalui umpan datar atau umpan lambung.
Nah, itu dia beberapa taktik terbaik di FM 24 yang dapat kalian gunakan untuk mendominasi kompetisi dengan tim terbaik untuk dilatih di FM 24 pilihan kalian. Gimana menurut kalian?
Penulis: Zaki Narayan Satria
Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:
Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku
Baca Juga: 5 Rekomendasi Tim Terbaik Untuk Dilatih di FM 24, Ada Brighton!
Editorial Team
Bunga Semesta
Nadia Agatha Pramesthi
Fahrul Razi
Aditya Daniel
29 November 2023
Fahrul Razi
29 November 2023
Bunga Semesta
28 November 2023
Fahrul Razi
27 November 2023
Fahrul Razi
27 November 2023
Elvira Maris Chandra
26 November 2023
Bunga Semesta
25 November 2023
Aditya Daniel
25 November 2023
Viky Nursyafira
25 November 2023
Bunga Semesta
23 November 2023
Follow Us:
© Copyright 2019 — duniaku.com. All Rights Reserved – duniaku.com is part of IDN Media.

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *