UNS Melepas Delegasi Mahasiswa Menuju Pimnas ke-36 Tahun … – IDN Times Jawa Tengah

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Surakarta, IDN Times – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melepas delegasi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 tahun 2023. Acara pelepasan berlangsung di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Jumat (24/11/2023). Mereka akan berkompetisi pada Pimnas ke-36 tahun 2023 di Universitas Padjadjaran (Unpad).
Pimnas ke-36 tahun 2023 di Unpad akan berlangsung mulai Minggu (26/12/2023) hingga Jumat (1/12/2023). UNS mendelegasikan 17 tim yang mana mereka telah dinyatakan lolos tahapan evaluasi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) tahun 2023 secara daring. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS menjadi fakultas dengan tim PKM terbanyak yang lolos Pimnas, yakni 12 tim.
Tujuh belas tim PKM tahun ini terdiri dari 1 tim PKM Kewirausahaan, 1 tim PKM Pengabdian Masyarakat, 1 tim PKM Penerapan Iptek, 2 tim PKM Riset Sosial Humaniora, dan yang terbanyak adalah PKM Riset Eksakta dengan jumlah 12 tim.
Baca Juga: UNS Solo Panen Guru Besar di Tahun 2023, Kembali Tambah 6 
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Dr Ir Ahmad Yunus, M.S., berpesan untuk selalu menjaga kesehatan kepada masing-masing anggota tim selama berkompetisi besok. Beliau juga mengingatkan untuk memperdalam substansi materi yang akan mereka presentasikan.
Prof Yunus juga memberikan pesan khusus untuk para dosen pembimbing agar memberikan seluruh ilmu yang mereka miliki.
“Perdalam substansi yang akan dipresentasikan tetapi jangan sampai melelahkan tubuh atau kesehatan kalian. Kepada seluruh (dosen) pembimbing, berikan semua ilmunya kepada tim yang kita bimbing. Mudah-mudahan keberhasilan bisa kita raih kembali,” ujar Prof Yunus.
Pesan selanjutnya diberikan oleh Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa 17 tim tersebut terdiri dari 77 mahasiswa, 13 dosen pembimbing, 11 orang tim sukses PKM UNS. UNS sendiri memiliki target untuk membawa pulang dua medali emas.
“Atas nama UNS, kami mengucapkan selamat berjuang dan selamat berkompetisi. Mengutip slogan FKOR (red: Fakultas Keolahragaan) UNS yakni ‘Solidarity, Friendship, dan Fair Play’, fair play ini tetap harus kita junjung tinggi,” ucap Prof Irwan.
UNS turut memberikan kabar baik bagi para dosen pembimbing PKM. Mulai tahun depan, UNS akan memberikan insentif kepada dosen pembimbing tim PKM yang mampu lolos Pimnas hingga berhasil memperoleh medali. Komitmen UNS tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan kontribusi dosen dalam PKM berikutnya.
UNS mulanya melakukan seleksi internal pada 1.339 proposal PKM tahun 2023. Proposal tersebut kemudian disaring menjadi 600-an proposal yang mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Dari sejumlah proposal tersebut, terdapat 101 tim yang berhasil memperoleh pendanaan. Mereka kemudian memasuki tahapan evaluasi proposal PKM dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) hingga saat ini terpilih 17 tim untuk mengikuti Pimnas.
“Sebanyak 101 tim telah mendapatkan pendanaan penelitian, kemudian yang lolos (Pimnas) ada 17 tim. Ini sudah prestasi yang luar biasa untuk tahun ini. Kita sampai tidak menyangka karena target awal itu 10 tim. Lalu untuk mengembalikan pencapaian 2 tahun lalu, kali ini kita targetkan 2 (medali) emas dulu,” tutur Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Iwan Wisnu Anggono.
Baca Juga: Rektor Serahkan Bantuan Kepada Mahasiswa UNS Asal Gaza Palestina













source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *