Lagi Viral Dibahas, Ini Lho 7 Istilah Dunia RP yang Perlu Kamu Tahu – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Dunia RP alias Role Playing sebenarnya bukan hal baru di era digital ini. Namun dengan viralnya beberapa cuitan dari para penggiat RP di sosial media, orang-orang jadi penasaran deh.
Seperti contohnya kisah cinta Adora-Hilman yang belakangan ramai dibagikan di Twitter. Kamu yang gak awam sama dunia RP pasti penasaran dengan beberapa istilah khusus berikut itu.
Sebenarnya role playing sendiri gak spesifik membahas satu permainan ini saja. Role playing punya artian sangat luas, tapi memang lebih akrab didengar dan dipakai dalam dunia game.
Role playing game pun ada bermacam-macam formatnya. Ada yang dalam bentuk video game, simulasi, board game, dan text based game seperti yang sedang disoroti saat ini.
Untuk format yang satu ini, para pemain mengambil identitas salah satu tokoh idola favoritnya lalu membayangkan diri mereka sebagai tokoh pilihan itu. Menggerakkan, mengatur kata-kata dan interaksinya dengan karakter RP lain… Bayangkan main The Sims versi jadi idol KPop deh!
Tentu saja dalam dunia RP ini ada orang-orang (karakter) lain yang bisa berinteraksi dengan tokoh buatanmu. Ada yang jadi teman kerja, teman sekolah, tetangga… Kurang lebih seperti simulasi kehidupan nyata tetapi semua menggunakan identitas idol pilihannya.
Akhirnya seiring berjalannya waktu chara (alias karakter) RP bisa menjalin persahabatan atau bahkan hubungan kekeluargaan dengan chara lainnya. Tergantung bagaimana si pemilik chara menjalankan cerita karangannya saja.
Selain bisa dapat teman dan keluarga, karakter RP juga bisa saja dapat pasangan. Entah itu dari awal sengaja dijodohkan, atau memang seiring berjalannya waktu ada dua karakter RP yang saling suka.
Seperti kisah viral Adora-Hilman yang menyatukan tokoh G-Dragon dan Dara agar jadi Couple RP. Padahal di kehidupan nyata, kedua artis YG itu tak ada hubungan romantis apa pun.
Terkadang saking asiknya, para pemain (atau kadang disebut Puppet Master) lupa bahwa mereka hanya bermain. Terlibatlah perasaan, atau baper, akhirnya hubungan dalam dunia role playing itu seolah terbawa ke kenyataan.
Baca juga: Masih Ramai, Begini Jadinya Kalau Idola KPop Main Sinetron Indonesia
Tak sedikit yang rela melakukan kontak seperti pacar sungguhan, atau memamerkan interaksi mesra di sosial media atau medium RP lainnya seperti LINE, Kakao Talk, atau board forum. Yang begini kerap disebut Budak Cinta.
Dulu pernah ada masanya kamu kirim-kirim salam ke gebetan lewat acara radio. Lalu kemudian lewat status media sosial atau SMS yang dikirim dan akan ditayangkan di running text televisi.
Nah kurang lebih fungsi media mention confess juga semacam itu deh. Kadang dipakai secara anonim (seperti surat kaleng) untuk menyampaikan pesan atau perasaan kepada chara lain, kadang juga terang-terangan.
Seperti semua permainan, RP pun punya titik akhir. Jika seorang Puppet Master sudah merasa bosan, ngambek, atau memang tamat ceritanya, biasanya mereka akan melakukan deaktivasi akun alias deact.
Kalau di kehidupan nyata semacam eutanasia gitu deh. Jadinya gak heran kalau kadang ada yang baper juga jika ada chara deact.
Ini terjadi kalau sebuah karakter dibawakan terlalu berbeda dari tokoh aslinya. Misalnya jika citra Taemin selama ini manis dan baik tapi dia dideskripsikan sebagai berandalan bermulut kotor.
Sangat gak masuk akal dan disebut out of character. Kadang chara yang terlalu OOC bisa dijauhi atau ditegur karena bisa merusak citra tokoh yang dipakainya lho!
Itulah tadi 7 istilah dunia RP yang perlu kamu tahu jika penasaran sama permainan yang lagi sering jadi sorotan ini. Meski ada beberapa yang berakhir buruk tapi bukan berarti semua permainan dan pemain RPG juga buruk lho guys. Tak sedikit juga pemain yang menjadikan game ini sebagai ajang mengasah imajinasi dan kreativitas. Yang penting bijak, tidak berlebihan, dan selalu ingat untuk berhati-hati di dunia maya.
Baca juga: Gagal Haru, 15 Judul Sinetron Ini Malah Bikin Ngakak Parah


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *