3 Klub Inggris yang Berlaga di Liga Europa 2023/2024 – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Pertandingan pertama Liga Europa 2023/2024 telah bergulir pada Jumat (22/9/2023) lalu. Total 32 tim dari berbagai liga di Eropa bertarung untuk masuk ke babak gugur. Dari total tersebut, Inggris mendapatkan tiga slot untuk mengirimkan perwakilannya ke Liga Europa.
Klub-klub tersebut terdiri dari Liverpool, Brighton & Hove Albion, dan West Ham United. Bagi Brighton, ini menjadi kali pertama mereka tampil di Eropa. Sementara, Liverpool sudah malang melintang di kompetisi Eropa, sedangkan West Ham United musim lalu menjuarai Liga Konferensi Eropa.
Tentunya, performa ketiga klub tersebut patut kita nantikan. Liverpool, sebagai salah satu dari The Big Six Premier League, lebih diunggulkan ketimbang Brighton dan West Ham. Namun, performa Brighton yang kini sedang moncer di liga dan West Ham yang mulai menemukan permainan tidak bisa dianggap remeh.
Liverpool mau tak mau harus tampil di kasta kedua kompetisi Eropa setelah finis di posisi kelima English Premier League 2022/2023. Ini disebabkan The Reds mengalami inkonsistensi penampilan akibat badai cedera, terutama di lini tengah. Bursa transfer musim panas 2023 lalu dimanfaatkan Liverpool untuk membeli empat gelandang, seperti Alexis Mac Allister, Dominik Szoboslai, Wataru Endo, dan Ryan Gravenberch.
Liverpool tergabung di Grup E dan diunggulkan sebagai pemuncak klasemen di penyisihan grup. Terbukti, pada pertandingan pertama Liga Europa, Liverpool meraih kemenangan secara meyakinkan dengan skor 3-1 melawan klub asal Austria, Linzer Athletik-Sport-Klub (LASK). Sempat tertinggal pada menit ke-14, The Reds berhasil membalikkan keadaan lewat gol Darwin Nunez pada menit ke-63 melalui titik putih, Luis Diaz pada menit ke-63, dan Mohamed Salah pada menit ke-88.
Baca Juga: 9 Pemain Brighton 2023/2024 yang Pernah Merumput di Liga Europa
Untuk pertama kalinya dalam 122 tahun sejak klub berdiri, Brighton & Hove Albion tampil di Liga Europa. Penampilan impresif selama 2022/2023 membawa mereka finis di posisi enam klasemen kasta tertinggi Liga Inggris. Dengan mengandalkan penguasaan bola dan umpan pendek, skuad asuhan Roberto De Zerbi menjelma menjadi salah satu kuda hitam dengan mengalahkan beberapa The Big Six Premier League.
The Seagulls tergabung dalam Grup B yang dianggap sebagai grup neraka Liga Europa bersama Ajax Amsterdam, Olympique Marseille, dan AEK Athens. Sayangnya, di laga pertama, mereka harus menelan kekalahan 2-3 di kandang melawan juara kasta tertinggi Liga Yunani 2022/2023, AEK Athens. Sempat berhasil menyamakan kedudukan lewat dua gol penalti Joao Pedro, AEK Athens mencetak gol kemenangan melalui gol Ezequiel Ponce pada menit ke-84.
Berbekal raihan gelar juara Liga Konferensi Eropa, West Ham United siap tampil percaya diri untuk menjuarai Liga Europa. Meski kehilangan pemain andalan mereka, Declan Rice yang pindah ke Arsenal, Manajer David Moyes telah memperkuat skuadnya dengan merekrut pemain baru. James Ward-Prowse, Mohammed Kudus, dan Edson Alvarez adalah nama-nama baru yang siap membuat kejutan.
West Ham United tergabung dalam Grup A bersama Olympiacos, SC Freiburg, dan FK TSC Backa Topola. The Hammers berhasil memetik kemenangan pertama di Liga Europa setelah menumbangkan klub asal Serbia, Backa Topola, dengan skor 3-1 di London Stadium. Pemain baru West Ham, Mohammed Kudus, turut menyumbangkan gol pada menit ke-70, sekaligus menjadi gol debutnya bersama klub.
Liverpool dan West Ham United berhasil meraih poin penuh di laga pertama, sedangkan Brighton harus takluk di kandang sendiri. Sejauh mana ketiga klub Premier League ini melangkah di liga malam Jumat ini? Patut kita nantikan aksi-aksi mereka di lapangan pada 2023/2024!
Baca Juga: 5 Momen Penting pada Matchday Pertama Liga Europa 2023/2024
Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya
IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *