Bareskrim Polri Ungkap Jutaan Aplikasi Berbahaya Di Play Store , Ini Daftar 3 Aplikasi Paling Teratas Dan Banyak Pengguna – Hits IDN – Hits IDN


Hits IDN – Wahai para pengguna Handpone wajib Tahu, Bareskrim Polri mengungkapkan ratusan juta aplikasi di play store yang mengandung ancaman berbahaya bagi pengguna HP.
melansir dari Kaspersky, menyebut Google Play Store saat ini memiliki lebih dari 3 juta aplikasi yang selalu diperbaiki secara berkala.
Baca Juga: Mengacuh Pada Perpres Nomor 51 Tahun 2023, Pemprov NTT Umumkan Kenaikan UMP Sebesar 2,96%
Aplikasi yang berada di Google Play Store tidak seluruhnya aman.
Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengungkapkan beberapa aplikasi yang mengandung ancaman berbahaya dari para peretas. 
Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Google dan timnya tidak dapat memeriksa setiap pembaharuan yang terjadi, sehingga rentan disusup file berbahaya oleh peretas.   Bareskrim juga menyebut dalam akun X.com @CCIPolri terdapat malware berbahaya di dalam aplikasi di Google, yang saat ini lebih dari 600 juta unduhan.
Berikut ini, daftar aplikasi berbahaya yang berhasil dirangkum media ini yang dilansir dari Bisnis Teko:
Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 15 Handpone Dengan Radiasi Paling Tinggi Bahaya Bagi Pengguna
1.Beauty Slimming Photo Editor – 620.000 Unduhan 
Beauty Slimming Photo Editor adalah aplikasi foto editor. Pada Mei 2023, para peneliti Kaspersky menemukan bahwa aplikasi memiliki Trojan Fleckpe, yang membuat malware masuk ke smartphone korban tanpa sepengetahuan korban. Setelah itu, Trojan terhubung ke server comand and control dan mengambil data informasi negara, operator seluler yang digunakan hingga data pribadi korban. 
Baca Juga: RS Leona Kefamenanu Buka Lowongan Kerja, Simak Posisi Dan Syarat Lengkapnya
2. iRecorder – 50.000 Undahan 
iRecorder merupakan aplikasi perekam layar untuk smartphone Android. Aplikasi ini pertama kali hadir di Google Play Store pada September 2021. Kemudian, pada November 2022, pengembang aplikasi ini menambahkan beberapa fungsi berbahaya, yaitu kode Trojan akses jarak jauh AhMyth, yang menyebabkan pengguna aplikasi rekaman di aplikasi tersebut terkirim ke pengembang setiap 15 menit sekali.  Saat modus ini terbongkar, aplikasi perekam layar ini telah diunduh lebih dari 50.000 kali oleh pembaca. 
Baca Juga: Tingkatkan kapasitas para kader Pemdes Letneo selenggarakan pelatihan
Editor: Serilius Claris Mataubana
Sumber: Bisnis Teko
PT Media Mahewa NTT News
Jln. Taebenu – Kampung Sungkaen,
RT 003 RW 001 Kelurahan Naimata,
Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur

082145273619
hitsidn0@gmail.com
©2023 ProMedia Teknologi

source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *