Kualifikasi Asia, Panjat Tebing Incar 2 Tiket Olimpiade 2024 – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Jakarta, IDN Times – Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, menargetkan skuad Merah Putih bisa mengunci dua tiket Olimpiade 2024 di Asian Qualifiers Panjat Tebing. Target yang sebenarnya bisa dipenuhi karena ajang ini akan dihelat di Jakarta.
Rencananya, Kualifikasi Asia Panjat Tebing akan digelar pada 9 sampai 12 November 2023. Yenny pun sudah melaporkan mengenai ajang ini dan target yang diusung ke Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo.
“Makanya, saya lapor ke Pak Menteri tentang persiapan pelaksanaan itu. Menjelang itu, juga lapor lagi nanti. Nah, itu bisa dapat tiket untuk ke Olimpiade kalau menangnya di sana. Jadi dua tiket dari sana,” kata Yenny di Kemenpora, Selasa (22/8/2023).
Selain Kualifikasi Asia, ada satu ajang lain yang bisa menambah slot atlet Indonesia di panjat tebing, yakni Kualifikasi Olimpiade yang berlangsung sejak Maret sampai Mei 2024. Jika tak ada aral melintang, empat slot bisa dikunci Indonesia.
“Kemudian, tahun depan sekitar Maret sampai Mei ada Kualifikasi Olimpiade Paris. Tapi, memang satu negara dibatasi cuma dua. Jadi ya, kami berjuang semoga bisa dapat empat tiket ke Olimpiade,” ujar Yenny.
Baca Juga: Panjat Tebing Indonesia Bidik 4 Tiket untuk Olimpiade 2024
Lebih jauh, Yenny menargetkan Indonesia meraih empat tiket untuk Olimpiade 2024 Paris. Saat ini, Merah Putih baru mengamankan satu tiket via Desak Made Rita Kusuma Dewi di nomor speed putri.
Empat slot merupakan kuota maksimal setiap negara untuk cabang olahraga (cabor) panjat tebing nomor speed di Olimpiade 2024. Setiap negara berhak mengirim dua atlet putra dan dua putri di nomor tersebut.
“Jadi ada dua ajang lagi tuh yang bisa dipakai. Kesempatan kami masih ada dua, minta doanya,” ujar Yenny.
Mengamini keinginan Yenny, Dito siap mendukung penuh penyelenggaraan Kualifikasi Asia Panjat Tebing di Jakarta pada November 2023 mendatang. Dia juga optimistis atlet panjat tebing Indonesia yang lolos Olimpiade akan bertambah.
“Kami berkomitmen untuk penyelengaraan Kualifikasi Asia Panjat Tebing di Indonesia nanti. Kami mendukung agar bagaimana para atlet bisa terus meraih prestasi, termasuk panjat tebing yang tengah menambah atlet lolos ke Olimpiade,” ujar Dito.
Baca Juga: Panjat Tebing Jadi Tulang Punggung Indonesia di Olimpiade 2024


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *