Spesifikasi Hadiah Kompetisi Menulis #HilirisasiUntukNegeri – IDN Times

Regional
Kategori
Event
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
IDN Times kembali mengadakan kompetisi menulis, nih! Kali ini, tema yang diangkat adalah #HilirisasiUntukNegeri.
Ada cukup banyak hadiah yang telah disiapkan untuk kamu yang sukses menyampaikan aspirasi dalam bentuk tulisan terbaik. Ketiga penulis terbaik pada kompetisi #HilirisasiUntukNegeri ini bakal mendapatkan masing-masing hadiah berupa smartphone, headphone, dan tablet, lho! Bagaimana spesifikasi dari masing-masing gadget yang sangat mungkin kamu bawa pulang ini?
Lomba menulis bertajuk #HilirisasiUntukNegeri merupakan hasil kerja sama IDN Times Media dengan Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Tujuan hilirisasi ialah mengolah sumber daya alam mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi sebelum mengekspornya ke negara lain. Hal ini tentunya akan memberi manfaat untuk ekonomi nasional maupun penyerapan tenaga kerja dalam negeri.
Sebagai kaum milenial dan Gen Z yang peduli nasib negerinya sendiri, kamu perlu mendukung kebijakan positif ini. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan menyampaikan aspirasi berbentuk artikel dalam kompetisi menulis bertajuk #HilirisasiUntukNegeri. Periode lomba ini berlangsung sejak, Rabu (27/9/2023) hingga Senin (23/10/2023).
Kamu memiliki waktu sekitar satu bulan untuk mencari ide, mengumpulkan bahan, dan menuangkan ide ke dalam artikel. Bisa jadi penyemangat, intip ketiga hadiah utama untuk tiga pemenang utama kompetisi menulis #HilirisasiUntukNegeri berikut, yuk!
Baca Juga: #BKPM Banyak Manfaatnya, Begini 5 Dampak Baik dari Upaya Hilirisasi
Bila kamu menjadi juara ketiga, kamu akan mendapatkan Samsung Galaxy A13. HP ini resmi masuk Indonesia pada Maret 2022 yang merupakan pendahulu dari Samsung Galaxy A14. Meski sudah berumur lebih dari setahun, HP ini cukup fenomenal karena menjadi HP Android terlaris tahun 2022, lho!
Samsung Galaxy A13 mengusung poni tetesan air yang menampung kamera swafoto 8MP sekaligus merangkap sebagai sensor pengenal wajah. Di sisi depannya, ada layar berpanel PLS LCD dengan bentang 6,6 inci, resolusi 1080 x 2408 piksel (Full HD+), refresh rate 60Hz, dan perlindungan Gorilla Glass 5. Beralih ke bagian belakang, ada modul berisi LED flash dan 4 kamera, terdiri dari kamera utama 50MP, kamera ultrawide 5MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth 2MP.
Di sektor performa, Samsung Galaxy A13 diperkuat prosesor Exynos 850 yang mendukung koneksi seluler 4G. Sekadar tambahan, Samsung juga merilis Galaxy A13 5G yang tidak resmi masuk tanah air. Sumber energinya adalah baterai 5000mAh yang mendukung pengisian cepat 15W. Beberapa spesifikasi utama lainnya adalah pemindai sidik jari yang terintegrasi ke tombol daya, tiga slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu microSD, fitur penambahan RAM virtual, audio jack 3,5 mm, dua mikrofon, soket USB Type C, dan speaker mono.
Di Indonesia, Samsung memasarkan Galaxy A13 dalam dua varian, yaitu 4/128GB dan 6/128GB. Ketika baru dirilis pada Maret 2022, harganya adalah Rp2,4 juta untuk varian 4/128GB dan Rp2,6 juta untuk varian 6/128GB. Saat ini, karena Samsung Galaxy A14 sebagai penerus sudah hadir, tentu harga Samsung Galaxy A13 mengalami penurunan. Kamu bisa menemukan Samsung Galaxy A13 di e-commerce di rentang harga mulai dari Rp1 jutaan saja.
Untuk kamu yang menjadi juara kedua, kamu berhak membawa pulang Sony WH-XB910N. Headphone ini menawarkan dua opsi penggunaan, yakni melalui kabel audio jack 3,5 mm dan koneksi Bluetooth 5.2. Ada dukungan baterai yang diklaim dapat bertahan 30 jam dan diisi ulang dalam waktu 3,5 jam melalui kabel USB.
Di pasar Indonesia, Sony WH-XB910N dibanderol seharga Rp3 juta. Harganya mungkin tergolong mahal untuk sebagian orang. Akan tetapi, headphone ini dibekali berbagai fitur mumpuni untuk membuat penggunanya merasa nyaman. Beberapa fitur tersebut adalah:
Nah, hadiah untuk juara pertama adalah tablet dari Apple, iPad Gen 10. Tablet ini diperkuat prosesor Apple A14 Bionic yang berpadu RAM 4GB. Prosesor itu juga menjadi andalan dari iPhone 12 series. Ada dua opsi kapasitas memori internal, yakni 64GB dan 256GB yang tidak didukung slot kartu microSD.
iPad Gen 10 hadir dengan layar Liquid Retina dengan bentang 10,9 inci, resolusi 1640 x 2360 piksel, dan tingkat kecerahan 500 nit. Ketika tablet dalam posisi horizontal, di bezel atas ada satu mikrofon yang mendampingi kamera ultrawide 12MP dengan luas pandang 122 derajat. Beberapa spesifikasi utama lainnya adalah baterai 7606mAh dengan dukungan pengisi daya 20W, kamera belakang 12MP, soket USB Type C, Touch ID, speaker stereo, dan dukungan penggunaan Apple Pencil Gen 1.
Apple merilis iPad Gen 10 di Indonesia pada Desember 2022 dalam dua opsi konektivitas Wi-Fi saja atau Wi-Fi + sinyal seluler dengan kartu SIM. Bila kamu membelinya di pasar saat ini, kamu perlu menyiapkan dana sebesar:
Secara total, ada 50 tulisan termasuk 3 tulisan terbaik yang bakal terbit di idntimes.com sekaligus dikompilasikan dalam format e-book. Kamu yang termasuk dalam 50 penulis itu akan mendapatkan 1.500 IDN poin atau senilai Rp150.000. Lalu, pada minggu kedua periode lomba akan dipilih lima tulisan terbaik yang akan mendapatkan 1.000 IDN poin atau senilai Rp100.000. Nah, khusus untuk pemenang tiga hadiah utama, pengumumannya akan disiarkan pada, Kamis (26/10/2023) melalui akun Instagram IDN Times Community.
Setelah melihat seluruh hadiah yang disediakan, tentu kamu jadi semakin bersemangat untuk mengikuti kompetisi menulis ini, bukan? Yuk, ikut dukung kemajuan ekonomi Indonesia! Sampaikan aspirasi kamu melalui lomba menulis #HilirisasiUntukNegeri dan menangkan deretan hadiahnya, ya!
Baca Juga: 8 Tips Menulis Esai yang Baik dan Benar, Biar Mudah Dipahami
Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya
IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


















source


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *